Tampilkan di aplikasi

Rosa Vivien Ratnawati, Kelola sampah dan limbah bermanfaat

Majalah Womens Obsession - Edisi 65
27 Agustus 2020

Majalah Womens Obsession - Edisi 65

Rosa Vivien Ratnawati

Womens Obsession
Pengelolaan sampah menjadi masalah lingkungan yang masih terus diupayakan penanganannya di Indonesia. Beberapa daerah telah memasuki kondisi kritis, karena tempat pembuangan akhir (TPA) sudah mendekati kapasitas maksimum, sementara jumlah sampah terus bertambah. Pada masa pandemi, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan mengakibatkan berkurangnya aktivitas masyarakat di ruang publik. Hal ini berpengaruh terhadap pengurangan sampah dalam jumlah signifikan, terutama sampah dari perkantoran, fasilitas umum, maupun tempat wisata.

Rosa Vivien Ratnawati adalah sosok yang secara tidak langsung berperan di balik pengelolaan sampah, limbah, dan bahan beracun berbahaya (PSLB3) di Tanah Air. Perempuan yang menjabat sebagai direktur jenderal PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak 2017 tersebut sudah terjun di bidang lingkungan sejak masih menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Skripsinya ketika itu mengambil kasus pencemaran Sungai Tapak di daerah Semarang, terkait dengan ganti kerugian lingkungan.

Beberapa pencapaian direktorat jenderal PSLB3 pada tahun ini, di antaranya membantu implementasi pengurangan kantong plastik sekali pakai. “Untuk pengelolaan sampah, kami telah berhasil mengampanyekan pengelolaan sampah dari hulu ke hilir. Di hulu misalnya, kami tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai. Kami juga menggerakkan masyarakat mengurangi penggunaan botol plastik dan menggantinya dengan menggunakan tumbler. Intinya adalah bagaimana mengurangi sampah untuk dibuang ke TPA,” tutur perempuan yang akrab disapa Vivien ini. Direktorat jenderal juga berhasil menggerakkan produsen penghasil barang dan kemasan untuk mensubstitusi kemasan plastik sekali pakai dengan penggunaan kemasan yang bisa digunakan ulang.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI