Tampilkan di aplikasi

Perempuan, religiositas, dan keberagaman

Majalah Womens Obsession - Edisi 85
2 Februari 2022

Majalah Womens Obsession - Edisi 85

Jakarta Biennale 2021 ESOK mengadakan sebuah program publik bertajuk Perempuan, Religiositas, dan Keberagaman sebagai salah satu rangkaian dari perhelatan seni rupa berskala internasional.

Womens Obsession
akarta Biennale 2021 ESOK mengadakan sebuah program publik bertajuk Perempuan, Religiositas, dan Keberagaman sebagai salah satu rangkaian dari perhelatan seni rupa berskala internasional ini. Menghadirkan Inaya Wahid, Alfiah Rahdini, dan Feby Indirani untuk mengulas topik yang selalu hangat dihadirkan di Indonesia. Inaya membuka acara dengan pertunjukan pembacaan cerpen berjudul Perempuan yang Kehilangan Wajahnya karya Feby Indirani di depan patung karya Alfiah Rahdini. Lalu, dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama ketiga pembicara tersebut bertema Santai Gak Santai: Perempuan, Religiositas, dan Keberagaman yang berlangsung di Museum Nasional Indonesia belum lama silam.

Program ini menjadi bagian dari public engagement kreasi Alfiah, salah satu seniman yang berpameran dalam Jakarta Biennale 2021. Dia menghadirkan karya patung berjudul Sri Naura Paramita yang ditempatkan di Museum Nasional Indonesia. Patung tersebut menampakkan figur seorang perempuan berkerudung tengah duduk bermeditasi di atas sebuah padmasana.

Dengan busana layaknya beryoga, berikut kacamata dan smart watch yang dikenakan, sebuah matras terlihat tergerai, menopang posisi tubuh yang tengah duduk di atas padmasana tersebut. Sri Naura Paramita seolah ingin menghadirkan kompleksitas dan fluiditas manusia hari ini dalam berbagai konteks.

Untuk membicarakan konteks yang melingkupi manusia hari ini, Alfiah mengajak Inaya untuk dapat memberikan sebuah karya pertunjukan terkait dengan responnya sebagai penggerak inklusivitas, toleransi, dan keberagaman di Indonesia. Akhirnya, sebuah pertunjukan pembacaan cerpen berjudul Perempuan yang Kehilangan Wajahnya dilangsungkan di depan karya Sri Naura Paramita.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI