Tampilkan di aplikasi

Pinisi sailing adventure

Majalah Womens Obsession - Edisi 85
2 Februari 2022

Majalah Womens Obsession - Edisi 85

Kapal Pinisi Fenides Liveaboard

Womens Obsession
Indonesia yang berbentuk negara kepulauan dikenal memiliki tradisi kelautan yang kuat. Salah satu buktinya adalah kapal pinisi yang dipercaya sudah ada sejak tahun 1500-an dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO sejak 7 Desember 2017. Penetapan ini tercatat sebagai PINISI: Art of Boatbuilding in South Sulawesi atau seni dalam pembuatan Kapal Pinisi di Sulawesi Selatan.

Sejak beberapa tahun terakhir, pinisi kembali populer sebagai kapal pesiar untuk berwisata layaknya sebuah hotel mewah terapung. Model pinisi disukai dalam wisata live on board, karena diyakini sebagai budaya asli Indonesia. Ketua Asosiasi Jaringan Kapal Rekreasi Indonesia (Jangkar) Suryani Mile mengatakan bahwa sekarang ini sudah banyak kapal untuk wisata menggunakan pinisi. Dari 35 anggotanya, 31 sudah menggunakan pinisi dengan bobot 200 hingga 500 GT. Lebih lanjut Suryani mengungkapkan, sebelum Pemerintah Indonesia mengembangkan kapal pinisi sebagai kapal wisata, pihak swasta sudah sejak lama melakukannya. Kawasan wisata bahari di Indonesia Timur, seperti Nusa Tenggara dan Papua Barat, menjadi tujuan favorit. Menyasar Destinasi Super Prioritas yang dikembangkan pemerintah, wisata pinisi semakin digandrungi, terutama sejak digaungkan oleh kalangan pesohor.

Sebut saja Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang mengajak serta sang ibu, Fanny Bauty, juga si kecil Ukkasya. Meski hanya semalam, menginap di kapal pinisi mewah milik Vinca Voyages jadi pengalaman seru dan sulit untuk dilupakan. Begitu pula Raffi Ahmad dan Nagita yang merayakan ulang tahun pernikahan mereka di atas kapal pinisi Lamima Yacht bersama keluarganya tercinta. Dilansir dari situs resminya, Lamima menyediakan kapal pinisi dengan tujuh kabin dan kapasitas maksimal 14 orang. Tiap kabin dilengkapi televisi HD, internet, hingga kamar mandi dengan konsep khas Indonesia bergaya mewah.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI