Tampilkan di aplikasi

Pneumonia, perenggut nyawa tanpa pandang bulu

Majalah Womens Obsession - Edisi 94
22 November 2022

Majalah Womens Obsession - Edisi 94

Pneumonia

Womens Obsession
Liburan pergantian tahun yang seharusnya penuh dengan kegembiraan ternyata berujung ketegangan menyeramkan dialami Kim Kardashian dan Kanye West, karena putra mereka Saint West harus dilarikan ambulans ke rumah sakit di Los Angeles akibat pneumonia. Mereka pun terpaksa mesti menginap tiga malam di rumah sakit. Saint yang saat itu masih kecil berusia dua tahun terpaksa diberikan banyak infus IV (intraversa) pada tubuhnya dan dirawat menggunakan mesin oksigen, agar paru-parunya bekerja dengan baik. Setelah ditangani secara intensif oleh para ahli medis, akhirnya Saint bisa terselamatkan dan pulang ke rumah. Kim kemudian membagikan pengalaman tersebut dan foto dirinya tengah menggendong Saint di instagram pribadinya pada 2 Januari 2018.

Sementara, penyanyi tenar Elton John kehilangan suara saat konser di Stadium Mount Smart, Auckland, New Zealand, pada 16 Februari 2020, ketika sedang melantunkan lagu ‘Daniel’. Sebelumnya dia sempat menyanyikan lagu ‘Candle in the Wind’ dan ‘All the Girls Love Alice’. Dia terpaksa meminta maaf kepada para penonton dan menghentikan konsernya, karena terserang walking pneumonia.

Penyakit yang lebih dikenal dengan paru-paru basah ini adalah satu-satunya pembunuh menular terbesar pada orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia. Pneumonia telah merenggut nyawa 2,5 juta jiwa, termasuk 672.000 anak-anak pada tahun 2019. Hal ini menandakan pentingnya pencegahan dini dari penyakit tersebut, karena menyerang sekitar 450 juta orang setiap tahunnya. Badan Kesehatan Dunia (WHO-World Health Organization) menyatakan pneumonia berkontribusi terhadap 15% kematian pada balita. Karena besarnya angka kematian tersebut, membuat penyakit ini disebut juga sebagai pandemi yang terlupakan atau ‘the forgotten pandemic’.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI