Tampilkan di aplikasi

Waspada serangan jantung di perjalanan

Majalah Womens Obsession - Edisi 112
22 April 2024

Majalah Womens Obsession - Edisi 112

serangan jantung

Womens Obsession
Mudik merupakan momen yang menyenangkan dilakukan. Namun di balik itu, perjalanan panjang menuju kampung halaman ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan, bila tidak dilakukan dengan benar. Serangan jantung saat mudik adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling sering timbul.

Oleh karena itu kita perlu waspada terhadap serangan jantung saat mudik. Menurut dr. Bayushi Eka Putra, Sp.JP, FIHA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital BSD, ada beberapa faktor yang dapat memicu seseorang mengalami serangan jantung saat mudik. Di antaranya memiliki riwayat darah tinggi (hipertensi), diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Berkendara dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan stres. Jika stres sepanjang perjalanan, tekanan darah tinggi dapat melonjak dapat memicu serangan jantung. Selain stres, kelelahan juga menjadi faktor yang memperburuk kondisi darah tinggi yang dapat memicu serangan jantung.

Selain darah tinggi, memiliki riwayat diabetes juga dapat meningkatkan serangan jantung saat mudik. Kondisi diabetes dapat merusak jaringan pembuluh darah di jantung dan bisa makin parah ketika stres dan kelelahan menyerang saat perjalanan mudik, sehingga menyebabkan serangan jantung.

Adapun ciri-ciri serangan jantung yang umum ditemui, yakni dada terasa sesak, nyeri dada yang menyebar ke rahang, gigi, leher, hingga perut, keringat dingin, mual, pusing, hingga heartburn atau sensasi panas di dada. Berikut beberapa tips mencegah serangan jantung saat mudik, agar suasana di perjalanan tetap nyaman tanpa dibayangi serangan jantung.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI