Tampilkan di aplikasi

Material Penyusun Tulang Manusia

Majalah 1000guru - Edisi 68
20 Desember 2016

Majalah 1000guru - Edisi 68
1000guru
Hidroksiapatit (HAp) dengan rumus kimia Ca10(PO4)6(OH)2 adalah keramik yang merupakan salah satu bahan utama penyusun tulang manusia, bersama dengan kolagen.

Satu lagi hal yang menarik adalah bahwa hidroksiapatit alami ataupun hidroksiapatit yang dibuat di laboratorium memiliki sifat dan karakteristik yang hampir sama sehingga hidroksiapatit sering disebut sebagai biomaterial pengganti tulang manusia di masa depan. Akan tetapi, seperti sifat bahan-bahan keramik lain, hidroksiapatit memiliki sifat keras dan getas.

Kekurangan inilah yang menyebabkan penelitian untuk menghilangkan kekurangan-kekurangan hidroksiapatit masih sangat dibutuhkan sehingga nantinya hidroksiapatit benar-benar bisa digunakan sebagai tulang manusia buatan secara massal. Di antara percobaan yang saat ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan hidroksiapatit adalah dengan penambahan serbuk titanium, penambahan serbuk zirkonia, dan pelapisan batang titanium dengan hidroksiapatit menggunakan teknik pelapisan plasma spray.

Penambahan titanium powder pada hidroksiapatit Di samping sifat-sifat menonjol dari hidroksiapatit seperti berpori, bioaktif, tahan korosi, lembam, dan tahan aus, ada sifat-sifat yang kurang baik pada hidroksiapatit seperti getas dan mudah patah. Hal ini menjadi kendala utama dalam desain. Berdasarkan dokumen dari repository UNAIR, telah dilakukan penelitian sintesis Ti- HAp dengan mensubstitusi titanium pada hidroksiapatit dengan cara basah/larutan di laboratorium untuk memecahkan kekurangan tersebut. Penelitian tersebut bertujuan untuk meningkatkan sifat mekanik ditinjau dari aspek porositas, densitas, daya serap air, kekerasan, kuat tarik, dan modulus elastisitas.
Majalah 1000guru di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI