Tampilkan di aplikasi

Gandum biji sereal kaya nutrisi

Majalah Adzkia - Edisi 184
1 November 2021

Majalah Adzkia - Edisi 184

Gandum

Adzkia
Kalian kenal tepung terigu, kan? Itu lho, tepung yang jadi bahan roti dan mie, atau dibuat gorengan. Nah, tahukah kamu, dari mana tepung terigu dihasilkan? Tepung terigu dihasilkan dari biji tanaman gandum yang dihaluskan. Tanaman gandum tergolong tanaman jenis rumput-rumputan atau gramineae, sejenis dengan padi, sorgum, dan jagung.

Tanaman jenis ini punya ciri khas berakar serabut, batang berbuku, dan daun sejajar dengan tulang daun. Tanaman gandum memiliki batang yang beruas dan berongga seperti halnya tanaman padi. Ruas batangnya berjumlah 6. Akarnya serabut dengan bentuk melingkar. Daun tumbuh secara tegak dan melengkung. Berbentuk menggaris seperti pita. Berwarna hijau. Saat siap panen, daun akan mengering.

Bunga yang jenisnya majemuk, bertumpuk satu sama lain pada tangkai di ujung tanaman. Bagian yang dipanen adalah biji. Biji berbentuk lonjong, dengan panjang sekitar 6-8 mm dan memiliki diameter sekitar 2-3 mm. Biji gandum memiliki tekstur yang keras. Kulit luarnya keras. Kulit luar ini harus dilepaskan sebelum biji gandum digiling menjadi tepung.
Majalah Adzkia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI