Tampilkan di aplikasi

Koi herpes virus (KHV)

Majalah Apki - Edisi 18
8 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 18

Kematian ikan masal akibat KHV di danau Biwa Jepang pada Tahun 2004.

Apki
Apakah KHV begitu mematikan? Ya, memang benar-benar ganas dan akibatnya sangat mengerikan. Bahkan koi yang telah terinfeksi KHV, bisa mati hanya dalam tempo 1 atau 2 hari saja. Oleh sebab itu, penyakit KHV ini disebut-sebut sebagai pembunuh Koi no. 1 Melalui artikel ini kami ingin mengajak anda mengetahui lebih jauh perihal KHV, agar anda dapat melakukan antisipasi terhadap serangan penyakit ini .

Apa itu KHV? KHV (Koi Herpes Virus) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sangat mudah menular. Sebagaimana kita ketahui, Koi juga memiliki sistem kekebalan tubuh. Bila terinfeksi virus, maka tubuh koi akan memberikan perlawanan dengan cara memproduksi antibodi.

Namun demikian, bila koi dalam keadaan stress, maka kemampuan tubuhnya dalam memproduksi antibodi tidak maksimal, sehingga virus mampu menerobos hingga merusak sel-sel pada organ utama koi seperti insang, kulit dan ginjal. Insang sebagai organ pernafasan koi, bila sudah terinfeksi oleh virus KHV, maka koi sangat sulit untuk bertahan hidup lebih lama.

Pemusnahan Koi Secara Masal Di Jepang. Pada awal tahun 2004, dalam upaya untuk memutus rantai penularan KHV, maka di Jepang terpaksa dilakukan pemusnahan Koi secara masal, sebab penyakit ini kala itu belum ditemukan obatnya. Ribuan koi yang terserang KHV di seluruh farm milik para petani Koi di Jepang dimusnahkan.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI