Tampilkan di aplikasi

Pentingnya aerasi untuk kolam koi

Majalah Apki - Edisi 21
23 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 21

Aerasi adalah penambahan udara/oksigen dalam air dengan membawa air dan udara ke dalam kontak yang dekat.

Apki
Dalam melakukan proses Aerasi ini perlu menggunakan alat yang dinamakan aerator. Prinsip kerja alat ini adalah untuk menambahkan oksigen yang terlarut di dalam air tersebut. Kemudian yang menjadi tugas utama dari aerator ini adalah memperbesar permukaan kontak antara air dan udara.

Mengapa proses aerasi itu sangat penting diperlukan di dalam kolam anda? Kolam koi adalah sebuah tempat yang dibangun untuk memelihara koi, tentu sebisa mungkin menyerupai kondisi pada habitat aslinya. Habitat asli koi adalah sebuah danau yang luas. Meski tanpa adanya aerator, namun alam telah menyediakan semua kebutuhan dan memberi keseimbangan yang sempurna bagi kehidupan koi.

Karena permukaan danau yang luas, maka tingkat konsentrasi oksigen yang larut dalam air sangat tinggi. Hal ini tidak seperti yang terjadi pada kolam anda, yang mana permukaan air yang ada di kolam tentu tidak seluas danau. Oleh sebab itu, perlu ditambahkan aerator yang berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen yang terlarut di dalam air kolam anda.

Cara menggunakan aerator Semua pehobi koi tentu tak asing dengan proses aerasi atau yang biasa ditandai dengan adanya gelembung udara yang dihasilkan oleh sebuah pompa udara (blower/air pump/compressor). Namun tak semuanya mengetahui cara penggunaan aerator dengan benar. Seringkali para pemelihara koi asal saja membeli aerator dan memasangnya di sembarang tempat.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI