Tampilkan di aplikasi

Mengapa harus menggunakan lampu UV?

Majalah Apki - Edisi 21
23 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 21

Lampu UV, sebagaimana namanya adalah sebuah lampu yang menghasilkan sinar ultra violet(UV).

Apki
Lampu UV banyak diyakini sebagai senjata ampuh untuk menghilangkan air hijau di kolam koi. Sepintas tak ada masalah dan memang benar, bahwa lampu UV bisa digunakan untuk memberantas air hijau. Namun tak ada salahnya bila kita coba menelaah lebih lanjut, mengapa anda harus menggunakan lampu UV.

Radiasi Sinar UV Sebelum jauh melangkah ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, tentang apa yang disebut sinar Ultra Violet? Ini sangat penting untuk diketahui oleh kita semua, bahwa Sinar Ultra Violet atau Ultra Ungu secara teoritis adalah sinar dengan panjang gelombang antara 100 s/d 400 mn.

Semakin panjang gelombangnya maka semakin besar dampak kerusakan yang ditimbulkannya. Sinar UV adalah bagian dari sinar matahari, oleh sebab itu mengapa kulit kita menghitam kala terkena sinar matahari di siang hari adalah dampak dari adanya sinar ini. Meski demikian, Radiasi Sinar UV banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan termasuk diantaranya adalah dalam proses sterilisasi.

Tak heran bila lampu UV sangat besar manfaatnya yaitu terutama digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman dalam industri yang memproses air minum dalam kemasan. Lampu UV Apa itu lampu UV? Yaitu lampu untuk memproduksi sinar ultra violet buatan. Karena panjang gelombangnya sama dengan sinar UV pada sinar matahari, maka radiasi dari lampu UV juga memberi dampak kerusakan.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI