Tampilkan di aplikasi

Pedoman dalam menilai kualitas koi

Majalah Apki - Edisi 25
25 April 2017

Majalah Apki - Edisi 25

Ada beberapa cara atau metode untuk menilai kualitas koi. Namun pada prinsipnya terdapat 3 (tiga) parameter utama yang biasa digunakan.

Apki
Sebagaimana di dalam sebuah acara kompetisi atau kontes koi (koi show), para juri yang bertugas memberi nilai pada koi peserta kontes, juga menetapkan pedoman sebagai acuan untuk menilai dengan pembobotan pada obyek tertentu . Hal ini semata-mata hanyalah sebagai ukuran untuk dapat menentukan nilai kualitas masing masing koi yang sedang dilombakan.

Hal pertama yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam menilai kualitas koi adalah bentuk badan (body shape). Tidak seperti ikan air tawar lainnya yang pipih dan panjang karena mereka hidup pada aliran deras, tapi koi yang habitat aslinya adalah danau dengan air yang tenang, maka bentuk badan koi lebih menyerupai gulungan benang, yaitu pada bagian punggung sedikit lebih lebar dibandingkan kepalanya dan mengecil ke bagian ekor.

Karena pola dan warna koi berada pada area punggung, maka keindahan koi hanya dapat disaksikan ketika anda melihatnya dari atas. Bentuk badan koi dianggap yang paling indah dibandingkan ikan hias air tawar lainnya.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI