Tampilkan di aplikasi

Teliti sebelum membeli koi

Majalah Apki - Edisi 26
21 Juni 2017

Majalah Apki - Edisi 26

Jangan terburu-buru dalam membeli koi. Periksa terlebih dahulu kondisi koi yang ingin anda miliki.

Apki
Tanda ingin memperoleh koi dalam kondisi yang sehat, tidak cacat dan memiliki pola yang alami, tanpa ada rekayasa. Mengapa saya harus mengingatkan kepada anda tentang hal ini? Sebab selain anda harus memastikan kondisi kesehatan koi, juga terkait adanya fenomena rekayasa pola koi atau istilah populernya adalah koi kerokan atau koi yang telah dioperasi bagian kulit atau sisiknya untuk memperbaiki pola hingga tampilannya menjadi lebih baik.

Bagaimana anda bisa mengetahui bahwa koi yang anda beli adalah koi yang asli dan belum pernah dioperasi? Berikut ini beberapa tips dan informasi yang bisa menjadi pedoman, sebelum anda membeli koi sebaiknya tetap tenang dan sabar. Jangan pernah terburu nafsu dan tetaplah berpikir dengan tenang, meski hati anda tak sabar ingin membelinya, mintalah kepada penjual koi, sebuah ember atau wadah yang cukup untuk mengamati lebih dekat koi yang ingin anda miliki.

Penjual koi yang baik, selalu menyediakan wadah khusus kepada pelanggan agar pelanggan mereka dapat leluasa dalam memilih koi. Jangan ragu untuk memegang koi dan mengamatinya dalam jarak dekat, untuk mengetahui susunan dan kondisi sisiknya, terutama pada bagian tepi pola. Koi yang asli (bukan kerokan) seluruh sisiknya tersusun dengan rapi.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI