Tampilkan di aplikasi

Fin rot

Majalah Apki - Edisi 26
21 Juni 2017

Majalah Apki - Edisi 26

Penyakit ini menyerang pada bagian sirip dan ekor koi.

Apki
Jika anda memiliki kolam, apalagi dengan tingkat populasi koi yang cukup padat, tentu anda harus menempatkan sistem filterasi yang baik dan benar untuk memelihara kualitas air kolam anda. Mengapa demikian? Sebab mutu air kolam sangat mempengaruhi kesehatan koi-koi anda.

Untuk itulah maka diperlukan perawatan yang baik dan berkesinambungan terhadap air kolam anda jika menginginkan agar koi-koi anda tetap dalam keadaan sehat. Penyebab Fin Rot disebabkan oleh infeksi bakteri. Diperkirakan ada beberapa bakteri berbeda yang menyebabkan penyakit serupa, seperti Flavobacterium (yang sebelumnya dikenal sebagai Flexibacter), juga Aeromonas dan Pseudomonas.

Sesungguhnya yang membuat bakteri ini mulai menyerang adalah karena kondisi koi yang sedang stress akibat kualitas air kolam yang memburuk. Kemampuan dan daya tahan masingmasing koi berbeda-beda, dalam menghadapi serangan penyakit ini. Oleh sebab itu, Fin Rot tidak gampang menular dan biasanya hanya menyerang pada satu atau dua ekor saja. Meski demikian, jika tak segera diketahui, maka akan semakin banyak koi yang menjadi korbannya.

Gejala sirip Pada awalnya, bakteri mulai memakan selaput bening yang berada di bagian sirip. Sebagai tanda-tandanya adalah pada area yang terserang penyakit tersebut akan tampak berwarna putih susu yaitu terutama di bagian tepi.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI