Tampilkan di aplikasi

Cara merawat koi agar cepat besar

Majalah Apki - Edisi 26
21 Juni 2017

Majalah Apki - Edisi 26

Jumlah Koi yang terlalu padat, dapat menghambat pertumbuhan sebagian koi yang ada.

Apki
Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa pada dasarnya, tingkat pertumbuhan koi sangat dipengaruhi oleh faktor genetika yang diturunkan dari induknya. Koi yang berasal dari induk yang memiliki bentuk tubuh yang besar dan panjang (koi Jumbo), tentu memiliki potensi untuk tumbuh dengan besar pula.

Namun demikian, tingkat pertumbuhan koi juga di tunjang oleh faktor lainnya yang mempengaruhi dalam kehidupannya. Demikian halnya dengan koi yang berasal dari induk yang badannya tidak cukup panjang atau besar, maka koi tersebut juga akan sangat sulit untuk menjadi panjang dan besar, meski diupayakan dengan berbagai macam cara.

Sebagai pemelihara koi yang mana anda membeli koi bukan langsung dari breeder (pembudidaya koi), maka anda tentu tak bisa mengetahui lebih jauh apakah koi anda keturunan dari induk yang besar atau tidak. Oleh sebab itu, anda tak perlu risau, sebab memelihara koi adalah sebagai perwujudan rasa cinta anda kepada koi, bukan sematamata menginginkan agar koi akan menjadi besar, bukan?

Namun demikian, suatu hal yang wajar jika anda sebagai pemelihara koi tentu juga ingin melihat koi-koi anda bisa tumbuh dengan sehat dan besar. Untuk itu, anda tentu bisa mengkondisikan koi anda, agar dapat tumbuh maksimal. Mengenai hal ini pernah dilakukan penelitian di Jepang, dan hasilnya bahwa kolam yang ada gemericik air.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI