Konsep bio secure

Majalah Apki - Edisi 32
16 April 2019

Majalah Apki - Edisi 32

Jaring yang digunakan untuk menangkap koi bisa menjadi media penularan panyakit.

Apki
Mengapa hal ini sangat penting, sebab dalam upaya mencegah, isolasi dan pengendalian penyakit menular untuk mengantisipasi dampak buruk yang mengancam keselamatan koi. Fasilitas Bio Security dibangun untuk menjaga kesehatan koi melalui prosedur atau dengan metode yang dipakai untuk melindungi koi dari serangan berbagai macam penyakit menular.

Setidaknya, jika memang telah terjadi serangan penyakit, dapat menjaganya agar tidak menyebar atau menular kepada koi lainnya. Ketika bahan infeksius telah berpindah dari ikan yang sedang sakit atau bahkan yang sudah sembuh kepada ikan lainnya maka disini akan terjadi wabah yang dapat membahayakan bagi seluruh koi penghuni kolam.

Oleh sebab itulah maka prosedur Bio Sekuriti ini dirancang untuk mencegah agar tidak terjadi pemindahan bahan infeksius di antara kelompok ikan.

FASILITAS PEMELIHARAAN KOI

Sebagian pecinta koi memiliki fasilitas kolam yang dibangun di depan atau belakang rumah dan adapula yang berada di dalam ruangan. Bahkan para pehobi berat memiliki fasilitas hingga lebih dari dua kolam demi mewujudkan kesenangannya dalam memelihara koi.

Fasilitas pemeliharaan koi yang ada terutama bagi pemelihara koi berkualitas atau yang gemar mengikuti kontes koi atau Koi Show, tentu harus lebih meningkatkan keamanannya untuk menghindari resiko tertularnya koi kesayangan mereka oleh berbagai macam penyakit.

Selain itu juga diperlukan kualitas perawatan yang baik dan berkesinambungan untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan penampilan koi agar tetap terpelihara dengan baik.

Majalah Apki dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI