Tampilkan di aplikasi

Kebenaran makna & ukurannya

Majalah As-sunnah - Edisi 05/XXIII
14 Desember 2019

Majalah As-sunnah - Edisi 05/XXIII

Kebenaran Makna & Ukurannya / Foto : As-Sunnah

As-sunnah
Seorang manusia yang masih bagus fitrahnya, jika melihat al-haq (kebenaran) maka dia akan mengikuti dan mencintainya. Akan tetapi setiap kelompok manusia yang menyakini sesuatu dan memperjuangkannya, semua merasa di atas al-haq (kebenaran).

Namun bagaimana mungkin mereka semua di atas al-haq, kemudian berlawanan satu dengan lainnya. Padahal al-haq itu satu adanya, dan tidak ada yang menentangnya kecuali kebathilan dan kesesatan. Dengan berpijak di atas al-Kitab dan as-Sunnah dengan bimbingan para ulama umat, kami persembahkan -bi idzinillâh- sedikit keterangan mengenai al-haq ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

1. Makna al-haq Secara bahasa al-haq (kebenaran) berarti: Yang ada secara pasti; yang cocok dan sesuai dengan yang sebenarnya; yang ada dengan tanpa keraguan; yang bermanfaat; tidak sia-sia dan binasa.

‘Allamah ar-Râghib al-Ishfahani menyebutkan bahwa makna al-haq (kebenaran) secara asal adalah: kesesuaian. Kemudian al-haq mempunyai beberapa makna:

a. Pencipta sesuatu dengan satu sebab yang menunjukkan hikmah (tidak sia-sia). Oleh karena itu, Allâh l disebut al-Haq.

b. Sesuatu yang diciptakan sesuai dengan tuntutan hikmah (tidak sia-sia). Oleh karena itu, seluruh perbuatan Allâh adalah haq (benar).

c. Keyakinan terhadap sesuatu yang sesuai dengan keadaan sebenarnya, terhadap apa yang ada pada sesuatu tersebut. Seperti ucapan kita, “Keyakinan Fulan tentang al-ba’ts (hari dibangkitkan makhluk dari kuburnya di hari kiamat), pahala, siksa, surga, dan neraka adalah haq”.

d. Untuk perbuatan dan perkataan yang terjadi sesuai dengan yang semestinya, seukuran yang semestinya dan pada waktu yang semestinya.

Kemudian beliau juga menyatakan bahwa al-haq (juga) berarti : ketetapan yang sesuai dengan tuntutan hikmah. (Mu’jam Mufradât Al-Fâzhil-Qur’an” hlm. 124-125, Penerbit: Darul-Fikr, tanpa tahun)
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI