Tampilkan di aplikasi

Kapankah hari kiamat itu?

Majalah As-sunnah - Edisi 09/XXIII
24 Desember 2019

Majalah As-sunnah - Edisi 09/XXIII

Hadits: Kapankah Hari Kiamat? / Foto : -

As-sunnah
Kapankah Hari Kiamat itu? Sebuah pertanyaan yang diajukkan seseorang laki-laki kepada Nabi ﷺ, maka nabi bersabda dalam sebuah hadits (yang artinya)

Dari Anas bahwasanya ada seorang lelaki bertanya kepada Nabi ﷺ tentang hari Kiamat. Ia bertanya, “Kapankah hari Kiamat itu?” Nabi ﷺ menjawab, “Apakah yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?” Ia menjawab, “Tak ada (tak banyak amal sunnah yang aku persiapkan). Hanya saja, saya mencintai Allâh dan Rasul-Nya.”

Maka Nabi ﷺ bersabda, “Engkau akan bersama orang yang engkau cintai.” Anas berkata, “Tidak pernah kami merasakan kegembiraan terhadap sesuatu sebagaimana kegembiraan kami terhadap sabda Nabi ﷺ , ‘Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai.’ Anas melanjutkan perkataannya, ‘Saya mencintai Nabi ﷺ, juga Abu Bakr, dan Umar.

Dan saya berharap akan bersama mereka dikarenakan kecintaanku kepada mereka, meskipun saya tidak bisa beramal seperti amalan-amalan mereka. (HR. Al-Bukhâri).

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhâri di empat tempat dalam kitab Shahihnya. Salah satunya yaitu hadits di atas dalam bab manaqib Umar bin al-Khatthab.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI