Tampilkan di aplikasi

Misi duniawi di balik gerakan terorisme

Majalah Asy Syariah - Edisi 117
29 Agustus 2019

Majalah Asy Syariah - Edisi 117

Misi Duniawi di Balik Gerakan Terorisme

Asy Syariah
Dari sahabat Jabir bin Abdillah, al-Imam Muslim meriwayatkan (no.1063) sebuah peristiwa yang terjadi sepulang kaum muslimin dari pertempuran di Lembah Hunain. Ketika itu, kaum muslimin dalam perjalanan pulang menuju Makkah dari Perang Hunain yang dimenangkan oleh umat Islam.

Di Ji’ranah, Rasulullah membagi-bagikan harta rampasan perang berupa perak kepada yang berhak. Sahabat Bilal yang bertugas untuk membawa perak tersebut di atas kain baju miliknya. Saat itu, seseorang datang sambil berteriak, “Hai, Muhammad! Bersikaplah adil!”

Nabi Muhammad pun merespon dengan bersabda, “Celakalah engkau! Lantas siapakah yang akan bersikap adil, jika aku tidak berbuat adil! Sungguh, engkau celaka dan merugi jika aku tidak dapat bersikap adil!”

Sahabat Umar bin al-Khaththab lantas berseru, “Wahai Rasulullah, izinkan saya untuk membunuh orang munafik semacam ini!” Akan tetapi, Rasulullah menjawab, “Ma’adzallah! Jangan sampai orang-orang membicarakan bahwa aku membunuh teman-temanku sendiri.”

Rasulullah kemudian bersabda, “Sesungguhnya orang ini dan para pengikutnya, mereka membaca al-Qur’an namun tidak melewati tenggorokan mereka. Mereka keluar melesat darinya sebagaimana anak panah yang keluar melesat dari sasaran tembaknya.”

Dakwah Ahlus Sunnah adalah dakwah suci yang bertujuan mengajak umat Islam untuk benar-benar kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah dengan pemahaman Salaful Ummah. Adapun selain Ahlus Sunnah, tujuan dan cita-cita mereka adalah dunia. Termasuk kaum teroris Khawarij, seperti ISIS, al-Qaeda, dan yang semisal mereka.

Secara sejarah, kaum teroris Khawarij memang tidak lepas dari target-target duniawi. Bahkan, asal-muasal dan cikal-bakal mereka adalah peristiwa Dzul Khuwaisirah dalam hadits di atas. Dia mengkritik pembagian harta oleh Rasulullah yang ia nilai tidak mencerminkan ketakwaan.
Majalah Asy Syariah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI