Tampilkan di aplikasi

Ducati MH600e, the showbike

Majalah AutoExpert - Edisi 88
23 Juni 2016

Majalah AutoExpert - Edisi 88

Tidak ada sangsi bahwa beberapa tahun tera khir ini Ducati menciptakan beberapa sepeda motor yang paling menakjubkan yang pernah dibuat. Dan dari sekian motor hebat tersebut, salah satu paling pantas mendapatkan sorotan lahir 15 tahun silam. Karena pada tahun 2001, Ducati berhasil menemukan formula ajaib dengan MH900e.

AutoExpert
Tidak ada sangsi bahwa beberapa tahun tera khir ini Ducati menciptakan beberapa sepeda motor yang paling menakjubkan yang pernah dibuat. Dan dari sekian motor hebat tersebut, salah satu paling pantas mendapatkan sorotan lahir 15 tahun silam. Karena pada tahun 2001, Ducati berhasil menemukan formula ajaib dengan MH900e. Hasilnya adalah showbike diatas sederetan showbike lainnya. Dan Ducati memiliki keberanian untuk tidak hanya memproduksi, tetapi juga untuk menjualnya dengan cara yang unik, menandai perubahan untuk industri otomotif yang tergolong cukup kolot. MH900e bukanlah motor tercepat, atau motor paling mahal yang pernah menjejak aspal, tetapi mungkin paling indah.

Pada pameran sepeda motor Intermot 1998 di Munich, Ducati mempersembahkan sebuah konsep yang diciptakan oleh desainer Ducati asal Afrika Selatan, Pierre Terblanche, sebagai penghormatan kepada kemenangan Mike Hailwood di Isle of Man TT 1978. Dinamakan MH900 Evoluzione, baik desain maupun namanya mengacu pada Ducati 900SS yang dikendarai oleh Mike Hailwood tahun 1978. Sketsa desain yang disampaikan mendapatan sambutan yang sangat baik. Oleh karena respons antusias dari pers dan publik, Ducati memutuskan untuk membuka survey di situs web mereka untuk menguji minat sesungguhnya dari penggemar MH900e. 300 Ducatisti merespons positif.

Dengan informasi ini, Federico Minoli dan Massimo Bordi, saat itu General Manager Ducati, memutuskan untuk mengambil risiko dan memproduksi edisi khusus terbatas dua ribu unit. Seribu pertama diproduksi pada tahun 2000 dan seribu yang kedua akan diproduksi pada tahun 2001. Desain keseluruhan dari konsep ini pada dasarnya merupakan perpaduan lama dan baru. Di luar itu memberi kesan nostalgia, motor balap era 1970-an dengan ciri-ciri kinerja sepeda motor yang lebih modern. Sebagian besar dari sketsa konsep dari tahun 1998 dipertahankan dalam produksi akhir.
Majalah AutoExpert di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI