Tampilkan di aplikasi

Mengenal teknologi kamera 8K

Majalah Broadcastmagz - Edisi 81
25 Maret 2019

Majalah Broadcastmagz - Edisi 81

8K adalah ukuran resolusi dari suatu kamera dimana 7680 piksel adalah resolusi horizontalnya dan 4320 adalah resolusi vertikalnya.

Broadcastmagz
CES (Consumer Electronics Show) merupakan ritual tahunan kelas dunia yang selalu menjadi perhatian pelaku dan peminat produk elektronik. Tak heran, bila di ajang ini setiap peserta berusaha menunjukkan beragam keunggulan fitur dari produk yang dipamerkan. Salah satunya, raksasa teknologi asal Jepang Sharp.

Sharp di ajang CES (Consumer Electronics Show) 2019 yang diselenggarakan di Las Vegas 8 – 11 Januari 2019 ini memamerkan sebuah kamera mirrorless dengan kemampuan merekam video hingga resolusi 8K (7680 piksel x 4320 piksel). Kamera mirrorless 8K tersebut merupakan hasil kerja sama Sharp dengan Foxconn, raksasa manufaktur asal China.

Dari penampakan luarnya, kamera ini memiliki layar touchscreen selebar 5 inci. Di dalamnya tertanam sensor CMOS Micro Four-Thirds (MFT) dengan dukungan image stabilization. Berbekal codec H.265, Kamera mirrorless Sharp tersebut sanggup merekam video hingga resolusi 8K dengan frame rate 30 FPS. Menariknya, kamera ini disinyalir memiliki banderol harga di bawah 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 70 jutaan.

Apabila benar, maka ia akan menjadi kamera termurah dengan kemampuan video 8K. Sebagai perbandingan, kamera DSMC2 Helium 8K S35 bikinan Red dipatok di harga 24.500 dollar AS atau sekitar Rp 344 jutaan. Tapi memang produk dari Red ini merupakan kamera kelas sinema dan memiliki ukuran sensor yang lebih besar (Super 35). Kamera Sharp mirrorless 8K ini rencananya akan dirilis bulan April mendatang di ajang NAB (National Association of Broadcasters) 2019.
Majalah Broadcastmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI