Tampilkan di aplikasi

Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Baca   Unduh

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

SMP/Mts Kelas VII - Kurikulum 2013 - Edisi revisi - 2017

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Muhajir

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9786024270155
Terbit: Februari 2016 , 338 Halaman










Ikhtisar

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi peserta didik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan.

Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (selanjutnya disingkat PJOK) pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam bentuk fisik, mental, serta emosional. Sebagai mata pelajaran, PJOK merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosionalsportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga, dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Kurikulum 2013 menekankan bahwa mata pelajaran PJOK memiliki konten yang unik untuk memberi warna pada pendidikan karakter bangsa, di samping diarahkan untuk mengembangkan kompetensi gerak dan gaya hidup sehat. Muatan kearifan lokal dari Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengembangkan apresiasi terhadap kekhasan multikultural dengan mengenalkan permainan dan olahraga tradisional yang berakar dari budaya suku bangsa Indonesia.

Mata Pelajaran PJOK untuk Kelas VII SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. PJOK bukan berisi materi aktivitas yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan peserta didik, atau mata pelajaran yang membaginya menjadi pengetahuan tentang kesehatan dan keterampilan berolahraga.

Terampil berolahraga bukan berarti peserta didik dituntut untuk menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu, melainkan mengutamakan proses perkembangan gerak peserta didik dari waktu ke waktu. Dalam aktivitasnya, peserta didik dibawa dalam suasana gembira, sehingga dapat berekplorasi dan menemukan sesuatu secara tidak langsung. Untuk mengaktualisasikan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan seperti ini, peserta didik harus dijadikan sebagai subjek didik.

Aktivitasnya dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk peserta didik Kelas VII SMP/MTs. Aktivitas-aktivitas tersebut dirancang untuk membuat peserta didik terbiasa melakukan gerak jasmani dan berolahraga dengan senang hati karena merasa perlu melakukannya dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui gerak jasmani dan olahraga maupun dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang memengaruhinya. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal dan relevan dengan mata pelajaran ini sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.

Harapan penulis semoga buku ini dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi pengembangan pendidikan, khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama (SMP/M.Ts).

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1: Akitivitas Permainan Bola Besar
     A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola
     B. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola voli
     C. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola basket
     Penilaian Pelajaran 1
Bab 2: Aktivitas Permainan Bola Kecil
     A. Aktivitas Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Kasti
     B. Aktivitas Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu tangkis
     C. Aktivitas Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Tenis Meja
     Penilaian Pelajaran 2
Bab 3: Aktivitas Atletik
     A. Pengertian dan Asal Usul Atletik
     B. Aktivitas Pembelajaran Atletik Melalui Jalan Cepat
     C. Aktivitas Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek
     D. Aktivitas Pembelajaran Atletik Melalui Lompat Jauh
     E. Aktivitas Pembelajaran Atletik Melalui Tolak Peluru (The Shot Put)
     Penilaian Pelajaran 3
Bab 4: Aktivitas Bela diri
     A. Aktivitas Pembelajaran Bela diri dengan Pencak Silat
     B. Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
     Penilaian Pelajaran 4
Bab 5: Aktivitas Kebugaran Jasma
     A. Hakikat Kebugaran Jasmani
     B. Bentuk-Bentuk Aktivitas Latihan Kebugaran Jasmani
     C. Aktivitas Tes Kebugaran Jasmani
     Penilaian Pelajaran 5
Bab 6: Aktivitas Senam
     A. Hakikat Senam Lantai
     B. Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai
     C. Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Senam Lantai
     Penilaian Pelajaran 6
Bab 7: Aktivitas Gerak Berirama
     A. Pengertian dan Asal-Usul Aktivitas Gerak Berirama
     B. Aktivitas Pembelajaran Gerak Langkah Kaki Berirama
     C. Aktivitas Pembelajaran Gerakan Ayunan Lengan
     D. Aktivitas Pembelajaran Kombinasi
     Penilaian Pelajaran 7
Bab 8: Aktivitas Air
     A. Pengertian dan Asal-Usul Renang
     B. Aktivitas Pembelajaran Renang Gaya Dada
     C. Tata Tertib di Kolam Renang
     Penilaian Pelajaran 8
Bab 9: Perkembangan Tubuh Remaja
     A. Perkembangan Jasmani
     B. Pertumbuhan, Perkembangan, Kebutuhan serta Faktor-Faktor yang Memengaruhi Anak Usia Sekolah
     C. Ciri-Ciri Anak Sehat dan Tanda-Tanda Gangguan Kesehatan
     D. Pemanfaatan Waktu Luang untuk Kesehatan
     E. Pola-Pola Hidup Sehat
     Penilaian Pelajaran 9
Bab 10: Pola Makan Sehat,Bergizi, dan Seimbang
     A. Hubungan antara Makanan dan Kesehatan
     B. Pengetahuan tentang Makanan Sehat
     C. Pengetahuan tentang Gizi Salah
     D. Usaha-usaha Perbaikan Gizi yang Telah Dilakukan di Indonesia
     E. Pengaruh Gizi Makanan
     Penilaian Pelajaran 10
Glosarium
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Profil Penelaah
Profil Editor
Catatan