Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Prakarya dan Kewirausahaan

SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII - Kurikulum 2013 - Edisi revisi 2018

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email [email protected]ikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Desta Wirnas, Dr / Hendriana Werdhaningsih, M.Ds / Rinrin Jamrianti / Wawat Naswati

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9786024271534
Terbit: Juni 2018, 306 Halaman

Ikhtisar

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email [email protected] diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Kreativitas dan keterampilan peserta didik dalam menghasilkan produk kerajinan, produk rekayasa, produk budi daya, maupun produk pengolahan sudah dilatihkan melalui Mata Pelajaran Prakarya sejak di Sekolah Menengah Kelas VII, VIII, dan Kelas IX. Peserta didik telah diperkenalkan pada keragaman teknik untuk menghasilkan produk kerajinan, produk rekayasa, produk budi daya, dan produk pengolahan.

Teknik yang dilatihkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan potensi dan kearifan lokal yang khas di daerah masing-masing. Peserta didik akan dengan kreatif dan terampil mengembangkan potensi khas daerah. Produk-produk tersebut berpotensi memiliki nilai ekonomi melalui wirausaha.

Pada Sekolah Menengah Kelas X, XI, dan XII, pembelajaran Prakarya disinergikan dengan kompetensi Kewirausahaan, yaitu dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Kewirausahaan merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki untuk dapat berperan di masa depan. Kewirausahaan meliputi pengolahan jiwa, semangat, pengetahuan, potensi kreatif, dan keterampilan. Materi pembelajaran Prakarya pada Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, maupun Pengolahan dikaitkan dengan konteks Kewirausahaan. Pada Kelas X, peserta didik telah mulai dikenalkan kepada konsep wirausaha dan sikap dasar seorang wirausahawan.

Pengetahuan tentang wirausaha, seperti dasar-dasar berwirausaha menjadi materi pembelajaran pada Kelas XI.

Pada Kelas XII, peserta didik akan menjalankan proses pembelajaran yang lebih ditekankan kepada simulasi berwirausaha dengan memanfaatkan keterampilan, melihat peluang pasar, berpikir kreatif, merancang, memproduksi, mengemas, dan memasarkan dengan orientasi pasar yang lebih luas. Kegiatan pembelajaran juga menekankan kepada kemampuan bekerja di dalam kelompok, sehingga peserta didik memiliki keterampilan untuk bekerja sama. Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII melatih sikap, memberikan pengetahuan, dan mengasah keterampilan peserta didik untuk siap menjalankan wirausaha sesuai bidang prakarya yang diminati, serta sesuai dengan potensi khas daerah masing-masing.

Buku ini membimbing peserta didik untuk melakukan kegiatan secara bertahap, sesuai tahapan yang dilakukan untuk memulai suatu usaha. Pada setiap Bab, diawali dengan pengetahuan tentang konteks dari bidang prakarya; kerajinan, rekayasa, budi daya, dan pengolahan. Proses pembelajaran selanjutnya terdiri atas kegiatan yang merupakan tahapan hingga pada tahap akhir, yaitu kegiatan simulasi wirausaha. Peserta didik dapat secara aktif memperkaya pengetahuan dengan mencari data dan informasi dari berbagai sumber lain di luar buku ini.

Peserta didik juga dapat mengembangkan ide sesuai dengan ciri khas dan potensi daerahnya agar kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran menjadi nyata dan sesuai dengan peluang dan kebutuhan yang ada.

Tim Penulis

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Kerajinan
     Peta materi
     Bab 1: Wirausaha Produk Kerajinan untuk Pasar Lokal
Rekayasa
     Peta Materi
     Bab 2: Wirausaha Rekayasa Jasa Profesi dan Profesionalisme
Budidaya
     PetaMateri
     Bab 3: Wirausaha Produk Budi Daya Unggas Petelur
Pengolahan
     Peta Materi
     Bab 4: Wirausaha Pengolahan Makanan Khas Daerah yang Dimodifi kasi
Kerajinan
     Peta Materi
     Bab 5: Wirausaha Produk Kerajinan untuk Pasar Global
Rekayasa
     Peta Materi
     Bab 6: Wirausaha Produk Peralatan Teknologi Terapan
Budi daya
     Peta Materi
     Bab 7: Wirausaha Budi Daya Ternak Unggas Pedaging
Pengolahan
     Peta materi
     Bab 8: Wirausaha Pengolahan Makanan Fungsional
Daftar pustaka
Glosarium
Profi l Penulis
Profi l Penelaah
Profi l Editor