Tampilkan di aplikasi

Honda All New Civic, Sedan revolusioner

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 538
27 April 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 538

Honda menyemarakkan kembali pasar sedan di Indonesia melalui Civic Turbo. / Foto : Arthamiya

Car & Tuning Guide
Di Indonesia, pasar mobil khususnya sedan memang tidak sebaik negara lain. Tapi PT Honda Prospect Motor (HPM) tetap menghadirkan sedan ikonik mereka yakni All New Civic yang punya senjata mematikan. Apalagi kalau bukan mesin baru yang sudah disematkan teknologi turbo. Honda Civic generasi kesepuluh ini dikembangkan berdasarkan tiga pilar utama, yaitu “Charismatic”, ”Soulful”, dan “Comfortable”. Konsep “Charismatic” mengacu pada rancangan dan pengemasan yang menghasilkan desain eksterior dan interior yang premium. Sementara “Comfortable” digambarkan dengan memaksimalkan konsep “Man Maximum Machine Minimum” untuk menambah kenyamanan berkendara. Sedangkan konsep “Soulful” adalah konsep dasar untuk performa all new Honda Civic yang mengusung dapur pacu baru, platform baru, serta rasa berkendara yang lebih agresif.

Yang paling menarik dari mobil seharga Rp 475 juta ini tentu saja ada pada sektor dapur pacu. Mesin 1.500 cc VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams ini menghasilkan peningkatan besar pada tenaga dan torsi. Power maksimumnya mencapai 173 ps pada 5.500 rpm, dan torsi maksimum 219 Nm diraih pada rentang 1.700-5.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT dengan tujuh tingkat percepatan Mesin All New Civic ini memiliki kode L15B7, yang merupakan bagian dari keluarga L15B Earth Dreams. Bedanya, mesin L15B7 ini menggunakan spesifikasi DOHC dengan turbo single scroll dari MHI (Mitsubishi Heavy Industries) tipe TD03.

FYI, mesin L15B Earth Dreams yang masih menganut DOHC naturally aspirated mampu menghasilkan daya maksimum 130 ps. Artinya, mesin L15B7 ini memiliki tenaga terbesar dalam keluarga besar mesin L15 Honda. Hal tersebut diutarakan Yuji Matsumochi, Chief Engineer Global Development Assistant Leader All New Civic, Honda R&D Company Limited. Mesin ini dikembangkan untuk pasar global, sehingga harus bisa menyesuaikan diri dengan BBM kawasan setempat.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI