Tampilkan di aplikasi

Suzuki SX4 S-Cross era baru sang pelopor crossover

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 548
15 September 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 548

Setelah sempat menghilang, ia kembali dengan desain baru yang lebih dewasa dan modern... / Foto : Arthamiya

Car & Tuning Guide
Reborn. Bisa jadi itu kata yang tepat untuk menggambarkan kehadiran kembali Suzuki SX4. Flashback, untuk pertama kalinya crossover ini diperkenalkan di Geneva Motor Show 2006. Diproduksi pertama kali di Magyar Suzuki Esztergom Hungaria, Jepang, dan Manesar India. SX4 menggunakan basis mesin yang sama dengan Swift 1.500 cc. Merasa desain dan fungsinya terlihat cocok untuk kondisi jalan di Indonesia, Suzuki Indonesia yang saat itu masih bernama PT Indomobil Niaga International (IMNI), mulai mengenalkan desain ‘uniknya’ ke publik pada 2007.

Saat itu, hatchback yang (bisa dikatakan) menjadi pionir segmen crossover di Indonesia, didatangkan secara utuh dari Jepang alias Completely Built Up (CBU). Oh ya, selain untuk mengisi segmen baru (crossover), SX4 juga dipersiapkan untuk menggantikan Suzuki Aerio (hatchback) dan Neo Baleno I (sedan). Selang satu tahun kemudian, PT IMNI makin percaya diri dengan performa penjualannya, ia mulai dirakit di Indonesia atau Completely Knock Down (CKD). Walaupun berformat CKD, tapi bukan berarti spesifikasi mengalami penurunan. Justru versi rakitan Indonesia ini punya fitur yang lebih baik ketimbang versi CBU-nya. Seperti rem cakram yang sudah terlihat ada di balik keempat roda. Head unit yang sudah terintegrasi dengan dasbor, dan banyak fitur kenyamanan lainnya.

Bersamaan dengan itu, dirakit dan diperkenalkan juga SX4 versi sedan yang dinamakan Neo Baleno II, dengan desain dan fitur yang serupa dengan versi crossover. Namun pada perkembangannya, Suzuki Indonesia menghentikan produksi versi sedan ini karena modelnya kurang bisa diterima oleh pasar Indonesia. Sempat juga muncul varian dengan spesifikasi yang lebih rendah ketimbang SX4, yang diberi nama Crossroad untuk memperluas pasar. Tapi varian depan, fender, pintu samping, hingga ke buritan.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI