Tampilkan di aplikasi

Tips berkendara wanita tenang dan sigap

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 552
17 November 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 552

Era emansipasi wanita yang semakin tinggi di saat ini membuat kaum hawa semakin terbebas untuk melakukan ragam aktivitas yang sejatinya di masa lalu hanya dikerjakan oleh kaum adam. Mengemudi misalnya.

Car & Tuning Guide
Fashion Sederhana Tapi Aman Beragamnya pilihan fashion memang membuat wanita lebih mudah mengekspresikan sisi feminitas saat beraktifi tas. Hanya saja terkadang tidak semua pilihan fashion wanita yang digunakan aman untuk berkendara. Misalnya adalah sepatu, dimana sepatu berjenis High Heels tidak sesuai jika digunakan saat berkendara. “Jalan pakai high heels itu susah karena tidak menapak tanah. Apalagi jika digunakan saat berkendara, membuat feel berkendara semakin minim. Jelas ini meningkatkan risiko berkendara lebih tinggi. Solusinya menggunakan sepatu driving yang memiliki tapak rata, sehingga membuat feel pada kaki lebih baik saat menginjak pedal mobil,” terang Alexandra “Andra” Asmasoebrata, pembalap Nasional wanita.

Hal ini juga diperkuat pendapat Dhany Ekasaputra selaku Chief Driving Instructor, Safety Institute Indonesia. “Pemilihan pakaian juga penting bagi wanita saat berkendara, sebaiknya hindari penggunaan pakaian yang memiliki aksesori berlebih, atau pakaian yang menyulitkan pergerakan tangan dan kaki,” jelasnya. Manfaatkan Tempat Penyimpanan Mobil Seringkali wanita kurang awas dalam penyimpanan barang. Selama penyimpanan mudah dijangkau, sudah bisa dipastikan barang bawaan tersimpan di tempat tersebut. Memang hal ini mempermudah wanita dalam mengakses barang, tapi di sisi lain justru ini malah menimbulkan bahaya lebih besar, terutama saat mobil melakukan pengereman.

“Untuk penyimpanan barang bawaan wanita seringkali menyimpan di dekat jangkauan, padahal seharusnya barang bawaan wanita disimpan di koridor atau area penyimpanan barang yang disesuaikan. Karena jika main asal simpan barang, saat pengereman membuat barang semua terlempar kedepan dan mengakibatkan gagal braking dan membahayakan wanita serta penumpang lain,” ucap Dhany. Tetap Tenang Saat berkendara wanita memang cenderung berada hanya dalam satu lajur. Ini disebabkan wanita lebih mudah ragu-ragu dan tidak ingin repot saat mengambil lajur saat berjalan, khususnya saat berada di jalan tol.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI