Tampilkan di aplikasi

Toyota Land Cruiser SUV tercepat di dunia

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 553
24 November 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 553

Memiliki tenaga terbesar di balik kap mesinnya, mencapai 2.000 hp!

Car & Tuning Guide
Lupakan Bentley Bentayga ketika Anda ingin mencari sebuah SUV dengan predikat, tercepat, terkencang, dan tenaga paling besar. Lelucon ini kerap terlontar ketika melihat atau mereview Toyota Land Cruiser terbaru yang hadir di SEMA lalu. Jangan tertipu tampilan ‘polos’-nya, karena SUV satu ini dibuat untuk satu tujuan, yakni menjadi SUV tercepat di dunia. Ketika melihat sepintas, memang tidak ada yang spesial pada sosok Toyota Land Cruiser satu ini. Bahkan ketika Anda melihat interior sekalipun, Anda hanya melihat penambahan roll cage dalam SUV legendaris ini.

Bahkan dasbor, setir hingga door trim masih terpasang dengan sempurna. Hanya jok belakang saja yang absen. Jauh dari kesan mobil balap yang terondol dengan kenyamanan seadanya. Namun ketika berbicara performa, mungkin Toyota Land Cruiser ini akan membuat Anda geleng-geleng kepala. Tujuannya satu, yakni dibuat untuk memecahkan rekor sebagai SUV tercepat didunia! Dan ambisi tersebut bukan sekedar gertak sambal belaka. Coba lihat pada bagian wajah, Land Cruiser ini terlihat sangar lantaran kehadiran dua lubang besar di bumper depannya.

Lubang tersebut bukan untuk menyalurkan angin bagi sistem pendinginan. Karena ketika melihat lebih dekat, ada dua buah turbo yang terpasang di balik lubang besar tersebut. Dua buah turbo ini dipilih untuk meningkatkan tenaga Land Cruiser hingga lebih dari lima kali lipat dari kondisi standarnya. FYI, Land Cruiser dengan mesin 3UR-FE memiliki tenaga 380 hp. Goalnya, Toyota Amerika ingin agar Land Cruiser ini bertenaga hingga 2.000 hp! Turbo kembar yang digunakan adalah Garrett GTX4718R untuk dipasangkan pada mesin 3UR-FE milik Land Cruiser ini. Sayangnya informasi mengenai detail spesifikasi turbo dan ubahan mesin masih terselubung misteri. Namun bocorannya, komponen internal mesin sudah berganti seperti piston forged JE, berikut setangnya dari Oliver.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI