Tampilkan di aplikasi

Buku Cipta Prima Nusantara hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pembelajaran bahasa dan sastra inovatif

1 Pembaca
Rp 85.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 255.000 13%
Rp 73.667 /orang
Rp 221.000

5 Pembaca
Rp 425.000 20%
Rp 68.000 /orang
Rp 340.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini dipaparkan tentang pembelajaran inovatif mulai dari hakikat, variasi, dan jenis inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, dikaji pembelajaran bahasa meliputi pengertian pembelajaran bahasa, prinsip-prinsip pembelajaran bahasa, dan pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian yang berkaitan dengan pembelajaran sastra meliputi pengertian, prinsip-prinsip, dan pendekatan dalam pembelajaran sastra Indonesia. Dalam buku ini dipaparkan juga tentang strategi pembelajaran inovatif mulai dari pengertian strategi pembelajaran, inovasi dalam pembelajaran, strategi pembelajaran bahasa inovatif, dan strategi pembelajaran sastra inovatif. Inovasi pembelajaran bahasa dan sastra melalui pendekatan proses pun dikaji mulai dari inovasi pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Agus Nuryatin / Rahayu Pristiwati / Imam Mas Arum / Zuliyanti / Rokayah Luebaesa / Krisna Wijayakusuma

Penerbit: Cipta Prima Nusantara
ISBN: 9786233802628
Terbit: Januari 2023 , 139 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini dipaparkan tentang pembelajaran inovatif mulai dari hakikat, variasi, dan jenis inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, dikaji pembelajaran bahasa meliputi pengertian pembelajaran bahasa, prinsip-prinsip pembelajaran bahasa, dan pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian yang berkaitan dengan pembelajaran sastra meliputi pengertian, prinsip-prinsip, dan pendekatan dalam pembelajaran sastra Indonesia. Dalam buku ini dipaparkan juga tentang strategi pembelajaran inovatif mulai dari pengertian strategi pembelajaran, inovasi dalam pembelajaran, strategi pembelajaran bahasa inovatif, dan strategi pembelajaran sastra inovatif. Inovasi pembelajaran bahasa dan sastra melalui pendekatan proses pun dikaji mulai dari inovasi pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat sehingga buku Pembelajaran Bahasa dan Sastra Inovatif ini telah selesai. Buku ini berisi pemaparan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif.

Buku ini dipaparkan tentang pembelajaran inovatif mulai dari hakikat, variasi, dan jenis inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, dikaji pembelajaran bahasa meliputi pengertian pembelajaran bahasa, prinsipprinsip pembelajaran bahasa, dan pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian yang berkaitan dengan pembelajaran sastra meliputi pengertian, prinsipprinsip, dan pendekatan dalam pembelajaran sastra Indonesia. Dalam buku ini dipaparkan juga tentang strategi pembelajaran inovatif mulai dari pengertian strategi pembelajaran, inovasi dalam pembelajaran, strategi pembelajaran bahasa inovatif, dan strategi pembelajaran sastra inovatif. Inovasi pembelajaran bahasa dan sastra melalui pendekatan proses pun dikaji mulai dari inovasi pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Kajian dalam buku ini diharapakan dapat menambah ilmu dan pengetahuan pembaca. Selain itu, kajian ini dapat ditindaklanjuti dengan kajian lebih mendalam melalui karya yang lain.

Semarang, Desember 2022

Penulis

Penulis

Rahayu Pristiwati - Rahayu Pristiwati, tahun 2004 menempuh Pascasarjana Semarang memperoleh gelar M.Pd.

Pada 2014, menempuh program S3 di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang yang diselesaikan pada akhir tahun 2017 dengan mempertahankan disertasi yang berjudul Metafora dalam Wacana Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 dengan yudisium Mendapat Pujian.

Sejak tahun 2008 menjadi dosen tetap di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, saat ini menjadi dosen di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Karyanya yang telah diterbitkan adalah (1) Kepewaraan di Perguruan Tinggi (karya bersama Prof. Dr.

Fathur Rokhman, M.Hum) (Andi Offset, 2014), (2) Sastra Lisan Tegalan dan Nilai- Nilainya (Farishma Indonesia, 2016), (3) Metafora: Kajian Pragmatik dan Semantik (2018), (4) Metafora dan Nilai-Nilainya (2019), (5) Metafora dan Pembentukan Citra dalam Berbicara Publik, dan (6) Kepusparagaman Metafora: Kajian Semantik dan Pragmatik yang ada di tangan pembaca.

Karya ilmiah lain yaitu publikasi di Jurnal Internasional dan scopus, di antaranya (1) Meaning Variation in Metaphorical Expressions of the Tegalan Oral Literature: A Pragmatic Approach, (2) Metaphorical Meanings Inside of Discourse of President, Parliament, And Major National Election 2014, (3) Gossip Among Javanese women in Social Interaction, (4) The Varieties of Metaphorical Expression values in Campaign Discourse.
Imam Mas Arum - Imam Mas Arum, terlahir di Grobogan, 07 Mei 1979. Menyelesaikan studi TK-MAN di Purwodadi, Grobogan. Studi S1-S2 di selesaikan Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan konsentrasi pada keilmuan Pendidikan Bahasa Indonesia sejak tahun 1998–2006. Saat ini sedang menempuh studi doktoral (S3) Ilmu Pendidikan Bahasa (Bahasa Indonesia) di Universitas Negeri Semarang.

Pengalaman kerja pernah menjadi pendidik di SMA PPMI Assalaam Sukoharjo (2006-2009), kemudian menjadi Kepala sekolah di SMKIT Smart Informatika (2009-2010) yayasan Solopeduli Surakarta. Di samping itu, juga pernah menjadi tutor di Universitas Terbuka (UT) Kota Surakarta (2007–2009). Pernah menjadi staf pengajar di UIN Sunan Kalijaga di Fakultas Tarbiyah (PGMI-Bhs. Arab) sejak tahun 2007-2010. Saat ini mengajar di FTIK UIN Salatiga sejak tahun 2010-sekarang. Saat ini sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FTIK UIN Salatiga (Periode 2019-2023). Beberapa buku yang telah ditulis yaitu Bahasa Indonesia (Untuk mahasiswa PTKIN), Pembelajaran Bahasa Indonesia, Stilistika, dan Intertekstualitas, dll.
Zuliyanti - Zuliyanti, lahir di Kudus 12 Juli 1985. Menyelesaikan S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Indonesia di Universitas Negeri Semarang (2008) dan S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Semarang (2012).

Sejak 2013 mengajar di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Menjadi dosen tamu di Vietnam National University Ho Chi Minh City (2019). Aktif menulis artikel ilmiah dan telah menerbitkan buku ber-ISBN. Menjadi editor dan penyunting bahasa di Penerbit LP2M Press, jurnal Bahasa dan Sastra UIN Bengkulu, dan penyunting di jurnal Kompetensi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Telah tersertifikasi kompetensi dari BNSP sebagai penyunting (2019), penulis buku nonfiksi (2020), dan asesor penulisan ilmiah LSP UNNES (2021- sekarang). Menjadi fasilitator Program Guru Penggerak Kemendikbud tahun 2022-sekarang.
Rokayah Luebaesa - Rokayah Luebaesa, lahir 4 Agustus 1993 di Pattani, Thailand. Lulus SD Thessaban 5 Yala, SMP dan SMA Thamma Vittaya Mulniti Yala. Menyelesai S-1 Bahasa Melayu di Universitas Fatoni (2016) dan S-2 di Universitas Muhammadiyah Surabaya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2020).

Mendapat beasiswa Darmasiswa (2017-2018) (Pertukaran Bahasa Indonesia) 1 tahun di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Menjadi juara I promosi wisata di Indonesia, juara I mendongeng, dan sebagai penerjemahan di Keduataan Thailand di Surabaya.

Mendapat beasiswa S-2 di Umsurabaya. Menjadi promotor pariwisata dari Thailand ke Indonesia dan mengajar bahasa Thailand kepada mahasiswa yang akan pergi KKN di Thailand. Mendapat beasiswa S-3 dari KNB di Universitas negeri Semarang (2021).
Krisna Wijayakusuma - Krisna Wijayakusuma dilahirkan di kota Semarang, 12 Juni 1994. Menamatkan pendidikan (S-1) Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (2016) dan Magister (S- 2) di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (2020).

Aktif sebagai pengajar di SMP Negeri 16 Semarang sejak tahun 2019-sekarang. Pernah mengajar di SMA Negeri 6 Semarang dari tahun 2017 s.d. 2019. Pernah menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah (2018) dan anggota Ikatan Organisasi Duta Bahasa Jawa Tengah. Menjadi Duta Wisata Kabupaten Semarang (2018) dan Top Model Duta Batik Indonesia tingkat Jawa Tengah. Aktif sebagai pelatih futsal di beberapa sekolah di Semarang, model busana di beberapa agensi produksi Fashion di Jawa Tengah, menjadi Anggota Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se- Indonesia) 2014. Wartawan majalah legalitas (2013 s.d.

2015); modeling dan pelatihan akting di manajemen Zaferta Production (2017 s.d. 2021); dan menjabat sebagai Duta FBS Universitas Negeri Semarang (2014) serta pelatih Teater SMANSIX; dan pernah menjadi Guest Teacher di Sekolah Indonesia Makkah, Arab Saudi. Buku yang pernah ditulis Kumpulan Cerita Pendek Desa Sumenep dan Tips Jitu Menulis Teks Fabel.

Daftar Isi

Cover
Judul
Prakata
Daftar Isi
Bab 1: Pembelajaran Inovatif
     A. Hakikat Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
     B. Variasi Jenis Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
     C. Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pelaksanaan Pendekatan Proses
Bab 2: Pembelajaran Bahasa
     A. Pengertian Pembelajaran Bahasa
     B. Prinsip-prinsip Pembelajaran Bahasa
     C. Aspek-aspek Pembelajaran Bahasa
     D. Jenis-jenis Metode Pembelajaran Bahasa
Bab 3: Pembelajaran Sastra
     A. Pengertian Pembelajaran Sastra
     B. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Sastra
     C. Pendekatan dalam Pembelajaran Sastra
Bab 4: Strategi
     A. Pengertian Strategi Pembelajaran
     B. Inovasi dalam Pembelajaran
     C. Strategi Pembelajaran Bahasa Inovatif
     D. Strategi Pembelajaran Sastra Inovatif
Bab 5: Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra
     A. Peta Konsep Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra
     B. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Inovatif
     C. Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Inovatif
     D. Implementasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Inovatif
Daftar Pustaka
Biografi Penulis