Tampilkan di aplikasi

Simpang susun Semanggi diresmikan Presiden Jokowi 17 Agustus 2017

Majalah Eksekutif - Edisi 453
14 Desember 2017

Majalah Eksekutif - Edisi 453

Warga DKI Jakarta bisa memiliki jalur alternatif ketika tengah melintas di wilayah Semanggi dan menghindari kemacetan.

Eksekutif
Proyek tersebut mulai dikerjakan sejak April 2016 oleh PT Wijaya Karya. Jembatan simpang susun Semanggi terdiri dari dua ruas yakni untuk melayani kendaraan dari arah Cawang menuju ke Bunderan Hotel Indonesia dan satu ruas lainnya untuk dilintasi kendaraan dari arah Slipi menuju ke Blok M.

Setelah Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menjadi orang pertama yang melintasi Simpang Susun Semanggi. Menggunakan mobil dinas Lexus B 1726 RFR, Djarot ditemani sang istri Happy Farida menyusuri Simpang Susun Semanggi dalam open traffic malam ini. Presiden Jokowi rencananya akan meresmikan jembatan tersebut pada 17 Agustus mendatang.

Seperti diketahui, Simpang Susun Semanggi merupakan proyek Pemprov DKI Jakarta yang dibangun ketika masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Groundbreaking proyek ini dilakukan pada 8 April 2016 lalu. Proyek Simpang Susun Semanggi menghabiskan dana Rp 345,067 miliar. Proyek ini dibiayai dari dana kompensasi atas kelebihan koefisien luas bangunan (KLB) dari PT Mitra Panca Persada, anak perusahaan asal Jepang, Mori Building Company.

Selesai 540 hari setelah peletakan batu pertama pembangunannya. Dua ramp (jalan) itu masing-masing memiliki panjang 796 meter dan 826 meter. Ketika Ahok menjadi Gubernur DKI, ia tahu bahwa akan sangat sulit mendapat persetujuan dari DPRD maka Ahok langsung memerintahkan kepada pemberi CSR untuk membangunnya sendiri, sehingga tidak perlu mendapatkan persetujuan dari DPRD Jakarta.

Dan nantinya setelah selesai baru dimasukkan ke dalam daftar aset Pemprov DKI Jakarta sesuai dengan penilaian appraisal Dan kini Simpang Susun Semanggi sudah selesai dikerjakan 100 persen. Telah diuji kelayakannya oleh Kementerian PUPR sehingga layak untuk dipergunakan oleh masyarakat Jakarta.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI