Tampilkan di aplikasi

Macau world heritage

Majalah Eksekutif - Edisi 446
18 Desember 2017

Majalah Eksekutif - Edisi 446

Macau merupakan kota heritage peninggalan bangsa Portugis yang mempunyai 25 tempat bersejarah

Eksekutif
Macau merupakan daerah pemerintahan istimewa Negara Republik Rakyat Cina (SARSpecial Administrative Region) sejak 20 Desember 1999 yang menganut satu negara dengan dua sistem sama halnya seperti Hongkong. Dengan luas daerah yang mencapai 29,2 km2, jumlah penduduknya terbilang sedikit yaitu sekitar 557.000 orang.

Macau sendiri terdiri atas Semenanjung Macau seluas 9,3 km2, Pulau Taipa seluas 6,7 km2, dan Coloane seluas 7,6 km2 serta perluasan daerah Cotai sebesar 5,6 km2. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Cina dan Portugis, namun umumnya mereka lebih sering menggunakan bahasa Cina Canton karena bahasa tersebut dipakai dikalangan pemerintahan untuk semua dokumen resmi dan komunikasi.

Sedangkan bahasa Inggris dipakai hanya untuk perdagangan, pariwisata dan perniagaan. Mata uang yang digunakan di Macau adalah Pataca, namun mata uang Dollar Hongkong juga diterima di kota ini. Macau mempunyai Museum of Macau yang memamerkan cikal bakal dan asal muasal kehidupan masyarakat Macau selama lebih dari empat abad.

Dimuseum tersebut, juga menggambarkan gabungan dua kebudayaan yang berbeda dari masyarakat Macau yang menekankan karakteristik dua kultur dari kota itu dengan masing-masing kepercayaan dan upacara keagamaan yang berbeda, kehidupan sosial, arsitektur, olahraga, seni dan makanan.

Dulunya, museum ini bernama Mount Fortress yang dibangun oleh kaum Jesuit sebagai markas besarnya pada 1617-1626 yang merupakan bagian terpenting dari pusat pertahanan kota karena dilengkapi meriam-meriam, barak-barak tentara, sumur-sumur dan gudang senjata untuk persediaan amunisi dan perbekalan selama dua tahun jika terjadi pengepungan.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI