Tampilkan di aplikasi

Tuan Guru Bajang, Muhammad Zainul Majdi

Majalah Eksekutif - Edisi 467
5 Oktober 2018

Majalah Eksekutif - Edisi 467

Pria yang lebih akrab disapa dengan Tuan Guru Bajang (TGB), memang merupakan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) 2 Periode dengan masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018.

Eksekutif
Pria yang lebih akrab disapa dengan Tuan Guru Bajang (TGB), memang merupakan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) 2 Periode dengan masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018. Tak banyak pejabat seperti dia. Menciptakan kedamaian dan kesejahteraan bagi rakyat. Menjadi pelindung bagi warganya. Cucu dari ulama paling kharismatik di NTB, khususnya di tanah Lombok.

Dalam perjalanan kariernya Zainul Majdi adalah seorang dai yang ia lakukan sejak tahun 1999. Langkahnya tak surut, bahkan selalu terdepan. Dia sendiri bergabung dalam ormas Islam Nahdlatu Al-Wathan, bahkan dia menjadi Ketua Umum PB Nahdlatu Al-Wathan tersebut.

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat ini kembali di pusaran berita, saat disebut oleh majalah berita, ia menerima aliran dana gratifikasi terkait divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Mengutip Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK yang sedang mendalami pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan pada kasus divestasi PT Newmont Nusa Tenggara.

Dalam laporan Majalah Tempo, TGB diduga menerima aliran dana divestasi periode 2009-2013. Menggandeng Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), KPK menemukan dugaan aliran dana dari PT Recapital Asset Management ke rekening Bank Syariah Mandiri milik TGB senilai Rp1,15 miliar pada 2010.

KPK menduga uang itu berkaitan dengan pembelian 24 persen saham hasil divestasi Newmont oleh PT Multi Daerah Bersaing pada November 2009. PT Multi Daerah Bersaing merupakan kongsi perusahaan daerah PT Daerah Maju Bersaing (DMB) dan PT Multi Capital (MC).
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI