Tampilkan di aplikasi

Kapolri baru dan kemistri Jokowi

Majalah Eksekutif - Edisi 479
10 Februari 2021

Majalah Eksekutif - Edisi 479

Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo M. Si, dilantik jadi Kapolri, di Istana Kepresidenan, Rabu (7/1/2021).

Eksekutif
Listyo menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis, setelah Komisi III DPR secara aklamasi menyetujuinya, usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada Rabu, pekan lalu.

Penetapan Jendral Listyo di pucuk pimpinan korps Bhayangkara - dengan kode “Tribrata 1 (TB 1)” - sekaligus momentum untuk mengembalikan Indonesia ke jalur Bhinneka Tunggal Ika. Semangat keragaman. Menghapus sektarianisme. Bahwa Indonesia bukan hanya milik kaum mayoritas dan agama tertentu. Melainkan milik semua.

Sejarah mencatat Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri kedua yang berlatar belakang Kristiani. Sebelumnya ada Jenderal (purn) Widodo Budidarmo (1974 - 1978). Presiden Jokowi mewujudkan nasehat yang disampaikan oleh pendahulunya, almarhum KH Abdurachman Wahid alias Gus Dur : “Tidak penting apa pun agama atau sukumu.

Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu,” kata Presiden dan juga Kyai itu. Jokowi mempraktikan paham kebhinnekan dan keberagaman secara “kaffah”. Tak hanya di pemerintahan melainkan juga di rumahnya.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI