Tampilkan di aplikasi

Klarifikasi ahli virus yang informasinya dipelintir

Majalah Eksekutif - Edisi 481
12 Juli 2021

Majalah Eksekutif - Edisi 481

dr. Moh. Indro Cahyono (ahli virus)

Eksekutif
Penjelasan Ilmiah terkait COVID 19 oleh dr. Moh. Indro Cahyono (ahli virus) Berdasarkan penjelasan Indro Cahyono yang menyebutkan bahwa informasi tersebut bukan berasal dari dirinya, serta terdapat beberapa fakta yang sengaja dipelintir. Maka informasi di atas masuk ke dalam Konten Yang Salah.

Sengaja Dipelintir Memicu Polemik Beredar di whatsapps semacam ini: Literasi Covid 19 Budayakan Baca sampai selesai, Berpikir Positif & Jangan Stress Penjelasan Ilmiah terkait COVID 19 oleh dr. Moh. Indro Cahyono (ahli virus).

1. Virus (termasuk covid-19) adalah benda mati yang dapat hidup di media hidup. Dia tidak bisa hidup menempel apalagi memproduksi markas virusnya di benda-benda mati. Namun ada catatannya. Kalao misalnya ada orang yang sudah terinfeksi mengeluarkan droplet (cairan flu atau luda) lalu kena di baju, kain, atau meja maka dia tetap hidup selama droplet itu belum mengering.

Kalao baju dicuci atau setidak-tidaknya mengering sendiri karena pengaruh lingkungan misalnya karena panas atau hembusan angin, maka virusnya akan mati. Begitupun di meja, kursi, lantai, karpet dan sejenisnya. Kalao sudah mengering ya sudah virusnya akan mati.

2. Virus ini tidak bisa hidup di udara. Dia hanya jadi butir-butir kristal saja. Semua jenis virus. Mau virus flu, TB, paru, dll. Bagaimana dengan berjabat tangan? Sama seperti penjelasan nomor satu. Walau tangan ini termasuk bagian hidup tapi selama dropletnya kering, dibersihkan maka virus pun akan mati.

Karena virus hanya bisa masuk lewat tiga jalur yakni mata, hidung, dan mulut. Maka jika selesai berjabat tangan dianjurkan membasuhnya dengan antis, sabun, air panas, asing, atau cairan cuka/ asam.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI