Tampilkan di aplikasi

BULOG penjaga buffer stock pangan nasional

Majalah Eksekutif - Edisi 481
12 Juli 2021

Majalah Eksekutif - Edisi 481

Bagya Mulyanto, Direktur Keuangan Perusahaan Umum BULOG dalam sesi presentasi dan wawancara penjurian GRC and Performance Excellence Award 2021 memaparkan visi BULOG.

Eksekutif
Sebagai perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan, peran BULOG sebagai penjaga buffer stock pangan nasional (National Food Reserve Company) didukung ketat oleh penerapan GRC. Menjadi perusahaan pangan yang unggul dan terpercaya dalam mendukung terwujudnya Kedaulatan Pangan.

Bagya memaparkan melalui Zoom di Jakarta, (05/07/2021) kepada Dewan juri GRC and Performance Excellence Award 2021, gawean Majalah BusinessNews Indonesia. Bahwa BULOG telah berhasil melaksanakan tiga fungsi utama.

Pertama, Availability: selama tahun 2020 tidak terdapat satupun daerah yang kekurangan pangan, dan perusahaan secara intens berhasil menyalurkan Bantuan Presiden di wilayah Jabodetabek, Bantuan Sosial Beras (BSB) dan Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) di seluruh wilayah Indonesia termasuk daerah-daerah remote.

Kedua, Affordability: selama tahun 2020 harga beras terjaga pada level yang terjangkau oleh masyarakat. Laju inflasi ini lebih rendah bila dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar 2,72%. Laju inflas dipicu oleh makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,19%.

Dan ketiga, Stability: selama tahun 2020 tidak terdapat lonjakan harga beras, bahkan pada saat hari raya lebaran maupun tahun baru. “Misi kami, pertama, Logistik Pangan: Menjalankan bisnis logistik pangan pokok dengan prioritas pelayanan kepada masyarakat luas,” ujar Bagya.

Untuk kedua, Bagya menyebut praktik terbaik adalah melaksanakan praktik manajemen unggul dengan dukungan SDM yang profesional, teknologi yang terdepan dan sistem yang terintegrasi. Sedangkan poin ketiga, mengenai Ketahanan Pangan yakni menjamin Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Stabilitas Pangan Pokok.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI