Tampilkan di aplikasi

Menguak jaringan pembuat ijasah palsu terkini

Majalah Eksekutif - Edisi 488
7 September 2022

Majalah Eksekutif - Edisi 488

Sebanyak 114 aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Provinsi Aceh, diduga menggunakan ijazah palsu untuk kenaikan pangkat dan golongan.

Eksekutif
“Sebanyak 74 ASN telah mendapat sanksi berupa penurunan pangkat dan juga golongan,” ujar Kepala BKPSDM Pemkab Simeulue, Jaswir Sabtu (20/8/2022).

Jaswir mengatakan, dugaan penggunaan ijazah palsu itu diketahui setelah BKPSDM menerima laporan. Sebanyak 114 aparatur sipil negara yang diduga menggunakan ijazah palsu itu tersebar di berbagai instansi di Pemkab Simeulue.

Itu yang tertangkap, sementara masih ada iklan di dunia maya seperti ini: Kami Sangat Menghargai Rahasia Privasi Anda..

Apapun kendala Anda yang menyebabkan pengurusan dokumen menjadi sulit, Konsultasikan kepada kami seutuhnya, agar kami dapat membantu memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan dokumen Anda.

Jasa Urus Ijazah Sekolah, SD, SMP, SMA, Ijazah Hilang, Rusak, Belum Memiliki, Dapat di Bantu No Induk Terdaftar.

Jasa Urus Ijazah Diploma, Sarjana, Ijazah Hilang, Rusak, Belum Memiliki, NIM/No Ijazah Baru Terdaftar.

Bahkan, ada periode di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Timur, pembuatan ijazah yang dilakukan diam-diam. Tinggal bisik-bisik pada penjaga kios jasa pengetikan, pemesan dapat dengan mudah menemukannya. Pemesan akan diantarkan ke si calo.

Si calo tidak hanya diam di kios. Mereka memutar-mutar mata mencari orang yang kira-kira mau menggunakan jasanya. Lalu pemesan akan dibawa menepi di pojok jalan untuk menjadikan transaksi. Untuk membuat ijazah palsu, Anda cukup menyebutkan nama dan tempat tanggal lahir di awal. Jangan lupa menentukan jurusan dan perguruan tinggi.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI