Tampilkan di aplikasi

7 Rahasia kepemimpinan A la Sir Alex Ferguson

Majalah Eksekutif - Edisi 488
7 September 2022

Majalah Eksekutif - Edisi 488

A la Sir Alex Ferguson

Eksekutif
Pelatih sepakbola paling berhasil dalam sejarah, Sir Alex Feguson dari klub Manchester United, punya tujuh pelajaran yang selama ini ia “rahasiakan” …

1. Face tough reality and sort problems out head-on Jangan biarkan suatu masalah bersemai atau berkembang. Segera hadapi dan tangani langsung, sebelum persoalan itu membusukkan situasi. Kalau ada bawahan yang buat kesalahan; segera beri tahu kesalahannya apa. Tuntaskan, lalu hadapi next problem.

2. Only accept winning (Sasar hasil optimal) Dalam menyusun target, jangan menyasar hasil yang biasa-biasa saja (medioker). Incar hasil terbaik dan jadikan itu sasaran perjuangan segenap jajaran.

3. No one is bigger than the team (Utamakan kerjasama) Tiap organisasi punya individuindividu dengan karakter yang kuat atau ego yang besar. Semua itu wajar-wajar saja, apalagi jika itu seiring pemunculan talenta juga. Yang harus diwaspadai ialah jika ego atau karakter itu jadi dominant sehingga kepentingan tim atau organisasi harus mengalah. Itu bahaya dan harus ditanggulangi.

4. Command loyalty as a true father figure (Sosok ayah, pangkal loyalitas) Pemimpin adalah mentor dan sosok ayah dalam organisasi. Menunjukkan pada kesalahan dan menegur anak buah tujuannya bukan untuk membuat mereka takut/kesal tapi supaya belajar dan memperbaiki diri/ prestasi. Konsistensi di sini menumbuhkan kesetiaan.

5. Work hard and stay fresh (Kerja keras dan tetap bugar) Kerja keras dan berlatih agar tetap bugar merupakan talenta tersendiri. Pemain bola yang katakanlah “kurang jago/berbakat” bisa menjadi pemain mahir berkat latihan keras. Anda sebagai pelatihnya atau pemimpinnya wajib bugar agar juga bisa kerja keras.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI