Tampilkan di aplikasi

Manajemen mutu dongkrak kepuasan konsumen

Majalah Eksekutif - Edisi 491
10 April 2023

Majalah Eksekutif - Edisi 491

Mutu mutlak menjadi tolak ukur setiap produk atau layanan yang Anda (atau perusahaan Anda) hasilkan.

Eksekutif
Atas dasar itu banyak perusahaan berusaha keras untuk menerapkan sistem manajemen mutu yang baik demi meningkatkan mutu produk/layanan. Sistem ini juga ampuh dalam membantu mengontrol biaya, mengurangi cacat produk, dan meningkatkan kepuasan konsumen.

Makna Mutu Ada tiga hal yang mempengaruhi tingkat kesuksesan produk/layanan di pasaran, yaitu: Harga, Ketersediaan, dan Mutu. Pelanggan butuh produk/layanan dengan mutu baik dan tersedia pada waktu yang dibutuhkan dengan harga terjangkau. Tentunya sesuai dengan manfaat yang akan diperoleh. Anda mampu bersaing di pasaran jika tingkat kepuasan pelanggan dapat terpenuhi.

Perlu diingat harga dan ketersediaan tergolong tran- sient (berlangsung sementara/ jangka pendek setelah terjadi transaksi). Tapi tidak dengan mutu. Mutu punya pengaruh dan implikasi jangka panjang.

Kepiawaian Anda memahami keinginan konsumen sangat menentukan dalam menciptakan produk/layanan dengan mutu yang diharapkan. Anda akan dapat menilai tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk melalui berbagai cara. Memperoleh masukan langsung dari mereka merupakan langkah efektif men- dapatkannya.

Anda pun dapat melakukan perbaikan segera jika terjadi penurunan penjualan atau kehilangan market share (pangsa pasar) yang dapat berimbas kerugian perusahaan. Terlebih persaingan usaha yang semakin kompetitif di era sekarang. Oleh karenanya sepatutnya mutu produk atau layanan yang Anda tawarkan punya peranan strategis pada kemajuan perusahaan.

Arti mutu sangat erat kaitannya dengan kepuasan pelanggan. Perusahaan akan sukses bersaing jika konsisiten menjaga mutu. Tak bisa dipungkiri keuntungan perusahaan akan meningkat tatkala mutu dapat dipertahankan dengan baik.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI