Tampilkan di aplikasi

Rahasia beladiri kempo

Majalah Eksekutif - Edisi 494
3 April 2024

Majalah Eksekutif - Edisi 494

Olahraga Kemp

Eksekutif
Cerita sejarah dan asal usul, menjadi bagian dari awal mengenal olahraga Kempo. Jika di medsos, Kempo sering dihubung-hubungkan dengan Kuil Shaolin. Yang menarik, ketika kita ingin masuk beladiri ini. Kita di awal masuk Kempo, kita diajari bukan saja mengenal teknikteknik bela diri. Tapi, kita harus memahami dan memaknai apa itu: beladiri.

Juga mengasah kepekaan individu secara fisik dan mental. Menguatkan tubuh dan pikiran melalui pendekatan ken zen ichinyo dalam latihan. Ada tiga unsur gerakan mendasar — gerakan berputar, lurus dan melambung. Semua kenshi (pemain Kempo) dilarang menyerang terlebih dahulu sebelum diserang.

Kita diajarkan, susunan beladiri ini, sehingga gerakan teknik selalu dimulai dengan mengelak/menangkis serangan dahulu, baru kemudian membalas. Selanjutnya disesuaikan menurut kebutuhan yakni menurut keadaan serangan lawan. Dalam ilmu Kempo itu, lahirlah apa yang berbentuk mengelak saja.

Cukup menekukkan bagian-bagian badan lawan, kemudian mengunci dan apabila terpaksa barulah dilakukan penghancuran titik-titik lemah lawan. Lambang Shorinji Kempo Manji telah digunakan untuk tanda Shorinji Kempo seperti yang digunakan dalam Buddhisme selama berabad-abad.

Manji memiliki dua arti yang menjadi satu kesatuan yaitu kasih sayang (menghadap-kiri) dan kekuatan (menghadap-kanan) yang melambangkan ajaran Kongo-zen
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI