Tampilkan di aplikasi

Kunjungan keluarga Djuanda ke kantor pusat PT KAI di Bandung

Majalah Eksekutif - Edisi 494
3 April 2024

Majalah Eksekutif - Edisi 494

Ir H Djuanda menjabat Direktur Utama KAI Pertama (foto nomor lima dari kiri memegang pipa rokok)

Eksekutif
Ir. H. Djuanda Kartawidjaja adalah sosok yang tidak hanya dikenal sebagai Perdana Menteri Indonesia ke­10, tetapi juga memiliki jasa besar terhadap penentuan wilayah kelautan Indonesia dalam Deklarasi Djuanda tahun 1957.

Melalui deklarasi tersebut, laut Indonesia dinyatakan sebagai satu kesatuan wilayah NKRI yang mencakup laut sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan Indonesia, yang lebih dikenal sebagai negara kepulauan.

Menjadi catatan sejarah juga bahwa Ir H Djuanda adalah Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia yang pertama. Sosok yang menjadi salah satu pahlawan KA yang berperan dalam pengambilalihan perusahaan KA dari pemerintahan Jepang.

Sosok Djuanda menjadi bagian dari pada masa awal operasional Kereta api, karena masih menggunakan kereta kuno dan dengan jalur yang tidak terlalu bagus. Maka, guncangan di kereta cukup terasa, sehingga ada sebutan yang viral kala itu, degan istilah “ Goyang Djuanda”.

Hal ini yang segera diperbaiki oleh Pak Djuanda untuk kenyamanan pengguna kereta pada saat itu. Beliau kemudian memimpin Kepala Jawatan Kereta Api Wilayah Jawa dan Madura serta menjadi Menteri Perhubungan. Atas jasa­jasanya, beliau mendapatkan gelar tokoh pahlawan nasional dan namanya diabadikan mulai dari nama bandara, taman, jalan, stasiun, dan termasuk penggunaan nama Ir H Djuanda digunakan sebagai nama Pusdiklat PT KAI.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI