Tampilkan di aplikasi

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Februari - Maret 2018

Genie dikenal sebagai brand khusus alat angkat untuk orang-orang yang bekerja di ketinggian.

Equipment Indonesia
Penggunaan alat angkat (man lift) untuk orangorang yang bekerja di ketinggian masih terdengar asing di telinga masyarakat kita karena penggunaannya belum ramai. Para kontraktor lebih banyak menggunakan tangga atau perancah (scaffolding) ketika bekerja di ketinggian.

Namun, seiring dengan kian pesatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia dewasa ini, kehadiran alat-alat yang popular disebut Areal Work Platform (AWP) ini mulai menggusur penggunaan tangga dan/atau alat perancah pada berbagai proyek konstruksi, seperti terlihat dalam pengerjaan jalur rel kereta ringan dan jalan layang tol di jalur Cikampek.

“Kalau pada tahun-tahun sebelumnya kami harus mengedukasi pasar, sejak tahun 2017 permintaan peralatan areal work platform makin banyak, seperti terlihat pada proyek-proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan saat ini. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah yang menekankan pentingnya safety dalam pengerjaan proyek-proyek infrastruktur,” kata Ary Wardhana, Div.

Head Genie di PT United Equipment Indonesia (Uniquip), salah satu dealer AWP merk Genie di Indonesia. Ia mengakui tren pemakaian areal work platform di Indonesia makin meningkat akhir-akhir ini. Ary membandingkan regulasi di negara-negara tetangga seperti Singapura di mana penggunaan alat angkat ini sudah sangat lazim.

Bahkan man lift wajib digunakan untuk pekerjaan dengan ketinggian di atas 5 meter, termasuk memperbaiki atap rumah seperti mengganti genteng saja harus menggunakan AWP. “Pertimbangan utama mengapa menggunakan AWP ketimbang tangga atau perancah adalah safety.
Majalah Equipment Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI