Tampilkan di aplikasi

Mengukur efektivitas perawatan alat berat

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Februari - Maret 2018
24 April 2018

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Februari - Maret 2018

Produk-produk alat berat Caterpillar yang beroperasi di usaha tambang (ilustrasi).

Equipment Indonesia
Hidup ini sering tidak sesulit seperti yang terlihat, dan merupakan ide bagus untuk kembali menghadapi kompleksitas, menjaga hal-hal sederhana, dan berpegang pada apa yang penting. Diagram ‘input / process / output’ di atas membantu kita melakukan hal itu dengan tepat, dan ini dapat memperbaiki cara kita mengukur dan mengelola efektivitas pemeliharaan.

Kotak sebelah kiri menunjukkan berbagai input (masukan) atau sumber daya, yang kita gunakan untuk memelihara peralatan kita. Ini meliputi sumber daya keras seperti tenaga kerja, filter, pelumas, suku cadang, persediaan, dan barang-barang habis pakai yang diperlukan juga sumber daya lunak seperti waktu, tempat, pelatihan dan keterampilan.

Kita menghabiskan waktu dan uang untuk berbagai sumber daya itu, dan dalam banyak kasus kita cukup baik dalam dalam mengukur biaya dari apa yang digunakan. Kita punya estimasi baik untuk biaya servis 500 jam, dan kita tentu saja akan mengetahui apa yang kita keluarkan saat pekerjaan itu dikerjakan.

Kotak bagian tengah memperlihatkan proses yang kita gunakan untuk melakukan perawatan dengan efisien dan efektif. Ada tiga hal yang penting di sini. Pertama, proses itu harus disiplin. Perawatan tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa melainkan harus terencana, terjadwal dan dilaksanakan sesuai kebutuhan tepat waktu, setiap hari.
Majalah Equipment Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI