Tampilkan di aplikasi

Nurtanio mulai mendunia

Majalah Forum Keadilan - Edisi 15/XXVI
14 Desember 2017

Majalah Forum Keadilan - Edisi 15/XXVI

Baru diluncurkan, pesawat N129 Nurtanio banjir peminat. Harganya dibandrol Rp 81 miliar.

Forum Keadilan
Pesawat N219 resmi diluncurkan. Presiden Joko Widodo menyebut burung besi itu bernama Nurtanio. "Saya resmikan pesawat N219 sebagai pesawat Nurtanio," ucapnya di Pang - kalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat pekan lalu. Kata Nurtanio diambil dari nama perintis industri pesawat terbang Indonesia, Laksamana Muda (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo.

Ia adalah sosok pembuat pesawat pertama all metal dan fighter Indonesia bernama Sikumbang, Kunang kunang (mesin vw) dan Belalang serta Gelatik sampai dengan mempersiapkan produksi F-27. Nurtanio gugur dalam penerbangan uji coba. "Laksamana Muda Udara (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo adalah pahlawan bangsa yang berjuang tanpa pamrih.

Seluruh hidupnya didarmabaktikan untuk kedirgantaraan Indonesia," kata Jokowi. Menurut Jokowi, ada sebuah kalimat dari Nurtanio yang patut dihayati semua pihak. "Sudah, kita tidak usah ribut-ribut yang penting kerja' dan Inilah hasil kerja putra-putri Nurtanio dan akan terus dilanjutkan hingga generasi anak-anak kita nanti," tuturnya.

Acara peresmian nama pesawat itu dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Mensesneg Pratikno, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menristek Dikti M Nasir, dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki. Acara ini dimeriahkan puluhan siswa SD yang menerbangkan pesawat dari kertas diiringi lagu berjudul Pesawatku.

Selain itu, Presiden Jokowi juga membuka selubung biru yang menutupi nama Nurtanio di sisi kiri depan pesawat. Presiden Jokowi mengatakan, proses pembangunan pesawat itu sudah selesai, dan berikutnya adalah proses bisnis "Harus bisa dipasarkan, harus bisa masuk ke komersiil, masuk ke dunia industri, artinya memang harus ada yang beli sehingga industri kita bisa berkembang," katanya.
Majalah Forum Keadilan di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI