Tampilkan di aplikasi

Buku Garudhawaca hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Manajemen Perbankan

1 Pembaca
Rp 75.000 40%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 13%
Rp 39.000 /orang
Rp 117.000

5 Pembaca
Rp 225.000 20%
Rp 36.000 /orang
Rp 180.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini dapat digunakan sebagai referensi khususnya bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Manajemen Perbankan. Pembahasan yang ada dalam buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana, lugas, dan mudah dipahami sehingga akan membantu para mahasiswa dalam mempelajarinya secara lebih cepat, mudah dan praktis.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Catharina Vista Okta Frida

Penerbit: Garudhawaca
ISBN: 9786236521090
Terbit: Oktober 2020 , 280 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini dapat digunakan sebagai referensi khususnya bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Manajemen Perbankan. Pembahasan yang ada dalam buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana, lugas, dan mudah dipahami sehingga akan membantu para mahasiswa dalam mempelajarinya secara lebih cepat, mudah dan praktis.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Dunia Perbankan sangatlah vital perannya dalam dinamika ekonomi masyarakat saat ini. Produk dan layanannya yang semakin berkembang menuntut regenerasi yang terus menerus baik di kalangan praktisi yang menjalankan, maupun akademisi yang mengkajinya. Manajemen Perbankan juga merupakan sebuah area studi yang penting bagi perguruan tinggi Jurusan Ekonomi.

Buku ini dapat digunakan sebagai bahan referensi, khususnya bagi para mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Manajemen Perbankan. Pembahasan yang ada dalam buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana, lugas, dan mudah dipahami, sehingga akan membantu para mahasiswa dalam mempelajarinya secara lebih cepat, mudah, dan praktis.

Penulis

Penulis

Catharina Vista Okta Frida - Lahir di Jakarta pada Tanggal 3 Oktober 1975. Lulus Sarjana Akuntansi dari STIE Perbanas, dengan predikat Cum Laude (1994-1998). Dept Head Akuntansi dan Keuangan, Regional Office, PT Asuransi Wahana Tata (2015-2019). Assistant Vice President divisi Keuangan, Head Office, PT Asuransi Wahana Tata (2019-sekarang).

Daftar Isi

Verso
Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Ruang Lingkup Bank
Bab 2. Manajemen Dana Bank
Bab 3. Manajemen Kredit Bank
Bab 4. Manajemen Suku Bunga Bank
Bab 5. Manajemen Jasa Bank Lainnya
Bab 6. Manajemen Sumber Daya Manusia Perbankan
Bab 7. Manajemen Pemasaran Bank
Bab 8. Laporan dan Rasio Keuangan Bank
Bab 9. Manajemen Likuiditas Bank
Bab 10. Manajemen Permodalan Bank
Biodata Penulis
                                                                                                                          

Kutipan

Pengertian Bank
Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menerima simpanan giro, tabungan, dan deposito. Kemudian, bank juga dikenal sebagai tempat untuk meminjam uang. Di samping itu, bank juga dikenal sebagai tempat untuk melakukan penukaran uang, memindahkan uang, atau menerima segala macam bentuk pembayaran dan setoran, seperti pembayaran listrik, telepon, air, pajak, dan pembayaran lainnya.

Menurut Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, yang dimaksud dengan Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Aktivitas perbankan selalu berkaitan dengan bidang keuangan. Aktivitas perbankan yang pertama adalah menghimpun dana dari masyarakat luas yang dikenal dengan istilah funding. Pengertian menghimpun dana maksudnya adalah mengumpulkan atau mencari dana dengan cara membeli dari masyarakat luas.

Pembelian dana dari masyarakat ini dilakukan oleh bank dengan cara melakukan berbagai strategi agar masyarakat mau menanamkan dananya dalam bentuk simpanan. Jenis simpanan yang dapat dipilih oleh masyarakat adalah seperti giro, tabungan, sertifikat deposito, dan deposito berjangka.

Agar masyarakat mau menyimpan uangnya di bank, maka pihak bank memberikan insentif berupa balas jasa yang akan diberikan kepada si penyimpan. Balas jasa tersebut dapat berupa bunga, bagi hasil, hadiah, voucer belanja, pelayanan, atau balas jasa lainnya. Semakin tinggi balas jasa yang diberikan bank, maka akan menambah minat masyarakat untuk menyimpan uangnya.

Setelah memperoleh dana dalam bentuk simpanan dari masyarakat, maka oleh bank dana tersebut akan diputarkan kembali atau dijual kembali ke masyarakat dalam bentuk pinjaman yang dikenal dengan istilah kredit (lending). Dalam pemberian kredit ini juga dikenakan jasa pinjaman kepada penerima kredit (debitur) dalam bentuk bunga dan biaya administrasi.

Besarnya bunga kredit sangat dipengaruhi oleh besarnya bunga simpanan. Semakin tinggi bunga simpanan, maka akan semakin tinggi pula bunga pinjaman atau bunga kredit. Di samping bunga simpanan, pengaruh terhadap besar kecilnya bunga pinjaman atau bunga kredit juga ditentukan oleh faktor keuntungan yang hendak diambil bank, biaya operasional yang dikeluarkan, cadangan risiko kredit macet, besaran pajak, serta pengaruh faktor lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa kegiatan menghimpun dana (funding) dan menyalurkan dana (lending) merupakan kegiatan utama perbankan.