Tampilkan di aplikasi

Jalur KA Bandara Kulon Progo ditarget operasional Agustus 2021

Majalah Halo Indonesia - Edisi 115
19 Juli 2021

Majalah Halo Indonesia - Edisi 115

KA Bandara Kulon Progo

Halo Indonesia
Jalur kereta Bandara Kulon Progo atau Yogyakarta International Airport merupakan salah satu proyek strategis nasional. Mulai dikerjakan sejak Desember 2019, progres keseluruhannya kini telah menyentuh angka 94,47%. “Progres rel KA bandara saat ini sudah sampai 94,47% secara total. Sekarang masih tahap penyelesaian konstruksi dan pemasangan rel. Adapun pemasangan rel saat ini sudah mencapai 4 km dari target 5,4 km,” terang Dimas Trihartomo, Site Manager PT. Asta Perdana, salah satu kontraktor pembangunan rel bandara Kulon Progo, Jumat (2/7/2021).

Dimas menerangkan uji coba konstruksi rel ini ditargetkan berlangsung mulai 11 Juli 2021. Pengujian akan dilakukan secara bertahap hingga tiba waktu pengoperasian yang dijadwalkan pada 17 Agustus 2021. Dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan itu, pihaknya akan menambah jumlah pekerja untuk bisa mengejar target operasional. Dari yang semula 120 tenaga akan ditambah menjadi 190. “Selain itu jam kerja juga ditambah. Dimulai pukul 07.00 sampai dengan 23.00 WIB,” jelasnya.

Proses pengerjaan proyek yang menelan anggaran Rp 1,1 triliun ini lanjut Dimas bakal dilakukan secara paralel. Konstruksi yang belum rampung, dikerjakan berbarengan dengan pemasangan rel. Diharapkan dengan cara ini pembangunan jalur tersebut dapat segera tuntas dan bisa digunakan sesuai target operasional 17 Agustus mendatang.

Disinggung mengenai sarana prasarana (sarpras) stasiun, Dimas memastikan stasiun penghubung di Kedundang, Temon sudah siap digunakan. Sementara stasiun di bandara YIA masih tahap pengerjaan. “Untuk stasiun di Kedundang sudah siap. Sedangkan yang di bandara masih dalam proses pengerjaan,” ujarnya. Ditemui terpisah, Project Manager Stasiun Bandara Kulon Progo, Ahmad Goni, mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus mengerjakan overlapping stasiun bandara.
Majalah Halo Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI