Tampilkan di aplikasi

Ruang jadi lebih hidup

Majalah Idea - Edisi 192
2 Mei 2019

Majalah Idea - Edisi 192

Di pojok ruangan, terdapat meja makan yang menyatu dengan kursi panjang. Bench panjang ini bisa digunakan sebagai kursi makan, tempat membaca buku, ataupun area kumpul.

Idea
Warna memiliki peran penting dalam sebuah hunian. Menurut desainer interior dari Biro Ruang 108, Juan Jovita, pemberian warna ke interior rumah sangatlah penting karena warna dapat memberikan gairah, nuansa dan cerita baru, serta tak ketinggalan dapat menjadikan ruangan lebih hidup. Itulah yang dikerjakan pula oleh Juan di proyek apartemen ini.

Apartemen ini dihuni oleh Herman dan Dina, sosok pasangan muda yang senang bereksperimen dan senang dengan warna-warna yang deep dan soulful. Warna biru yang gelap pun menjadi pilihan Herman dan Dina. Jika diperhatikan, pemakaian warna biru di apartemen ini tidak dilakukan secara dominan, melainkan hanya sebagai aksen saja. Lebih tepatnya, aksen pada furnitur. Furnitur kabinet atas pada kitchen set dan kabinet gantung yang terdapat di ruang makan yang menyatu dengan bench panjang.

Warna untuk sebuah ruangan memang penting, tetapi penerapannya harus tepat agar berakhir cantik. Karena apartemen ini memasukkan aksen warna biru gelap, maka Juan memadupadankan warna tersebut dengan material-material yang lebih terang dan bertekstur. Hal ini sebagai penyeimbang sehingga ruangan terasa hangat dan dekat, tetapi tetap terasa ringan dan nyaman.

“Kalau kita liat, semua tembok dan pintu tidak ada yang berwarna putih, kita menggunakan shade warna dari abuabu. Elemen tekstur kayu, sengaja kita ambil tekstur kayu warna muda untuk menyeimbangkan warna gelap yang dipilih. Biru kita taruh untuk aksen di beberapa bagiannya sehingga ruangan tidak terkesan monoton dan sunyi,” jelas Juan.

Selain penggunaan warna biru di beberapa titik, Juan juga memasukkan banyak tanaman berwarna hijau. Dengan adanya tanaman-tanaman ini, ruangan lebih hidup dan asri. Agar pemilik rumah dapat menikmati keasrian dari warna-warna tersebut, Juan membuatkan pojok khusus yang nyaman. Kursi gantung ditambahkan agar pemilik apartemen dapat membaca santai sembari menikmati tanamannya.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI