Tampilkan di aplikasi

Desain apik hunian di tebing jurang

Majalah Idea - Edisi 192
2 Mei 2019

Majalah Idea - Edisi 192

Wujud fasad yang unik menarik perhatian siapa pun yang melihatnya.

Idea
Lahan yang berada di tebing jurang seringkali terlantar dan menjadi lahan kosong yang ditumbuhi tanaman liar. Kontur lahan yang curam dianggap berisiko bila di atasnya dibangun rumah. Akan tetapi, jika dirancang dengan perhitungan yang tepat, ternyata rumah yang nyaman dapat berdiri di lahan jurang. Contohnya rumah yang diberi nama White Cliff House yang berada di kawasan Setiabudi, Bandung.

White Cliff House terletak di atas lahan seluas 162,5 m2 yang sangat curam dengan kemiringan 300. RDMA Architects, yang merancang desain bangunan ini, mengungkapkan bahwa kondisi tanah di rumah ini memiliki kontur yang tidak bersahabat. Namun, hal tersebut dilihat sebagai kekuatan dari lahan ini. “Dengan strategi terasering, lahan jurang tersebut didesain dengan bentuk tingkat atau gugusan, sehingga atapnya dapat dimanfaatkan sebagai teras balkon bagi lantai di atasnya. Hasilnya, setiap lantai memiliki balkon pribadinya masing-masing,” kata Noerhadi, salah satu arsitek dari RDMA Architects.

Konsep desain bangunan pada hunian ini terinspirasi dari keinginan pemilik untuk mendirikan rumah sebagai tempat tinggal sekaligus tempat penginapan. Karena itu, Noerhadi dan tim membuat 5 lantai dengan desain vertikal yang dibagi menjadi 3 lantai bawah untuk tempat penginapan dan 2 lantai atas sebagai tempat tinggal. “Guest house ini pastinya berbeda dengan penginapan yang sudah ada di lingkungan perumahan ini. Karena penginapannya satu rumah dengan pemiliknya langsung, keperluan apa pun yang dibutuhkan penginap akan lebih mudah terlayani,” jelasnya.

Keunikan lainnya yang terdapat di hunian ini adalah pemanfaatan cahaya alami yang masuk melalui jendela besar di setiap lantai. Cara ini akan meminimalkan penggunaan lampu di siang hari. Sang arsitek juga menggunakan roster untuk ventilasi yang melancarkan sirkulasi udara di dalam dan membuat rumah terasa adem meski tanpa menggunakan AC.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI