Tampilkan di aplikasi

Panel dinding tampil nyeni, kaya fungsi

Majalah Idea - Edisi 197
26 September 2019

Majalah Idea - Edisi 197

Paloma, Sutera onYX, Alam Sutera, Tangerang

Idea
Panel pada dinding didesain sedemikian menarik agar tampil menonjol dibandingkan dinding lainnya. Selain itu, ia juga punya banyak fungsi.S ebuah bidang di dinding menambat mata saat kita memasuki ruang keluarga tersebut. Warna bidangnya yang cerah dengan motif geometris tampil berbeda.

Pada bidang ini pula televisi dan pernak-pernik berjajar dengan apiknya. Dalam dunia interior, bidang pada dinding tersebut umum disebut sebagai panel, walaupun secara harafiah, istilah panel banyak artinya. Namun, terlebih dulu kita sepakat untuk menyebut bidang pada dinding tersebut sebagai panel.

Penambahan bidang pada dinding tentu akan menambah ketebalan dinding itu sendiri. Sebab itu, banyak juga yang mengistilahkan panel ini sebagai penebalan dinding. Walaupun, kembali lagi bahwa tidak semua penebalan dinding punya fungsi- fungsi seperti panel yang akan kita bicarakan.

Penebalan dinding ada yang berfungsi sebagai peredam suara atau penguat struktur. Cantik Fungsional Sementara itu, panel pada dinding punya fungsinya sendiri. Pertama, panel dinding berfungsi dekoratif. Dinding yang diberi panel didesain sedemikian menarik agar tampil lebih menonjol dibanding sisi dinding lainnya.

Material dibuat berbeda, warna dan motif ditambahkan. Ia menjadi sebuah point of interest, sehingga ruang tak lagi berkesan kosong. Kedua, panel ini juga fungsional. Pada ruang keluarga, biasanya televisi beserta perangkat audio video menjadi pusat kegiatan bersantai.

Panel di sini hadir sebagai tempat untuk menyimpan semua perangkat tersebut dengan rapi. Dengan sebuah panel di belakang perangkat tersebut, kabel-kebal yang menjuntai pun bebas dari pandangan mata. Tak jarang pula panel berfungsi sebagai rak tempat meletakkan berbagai pajangan penghias ruang
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI