Tampilkan di aplikasi

Memenuhi kebutuhan di lahan terbatas

Majalah Idea - Edisi 197
26 September 2019

Majalah Idea - Edisi 197

Di samping keinginan memperluas bangunan, lahan hijau tetap dipertahankan.

Idea
Sudah sejak tahun 1998, pasangan Abdullah Tholib dan istrinya Jauharotul Umdah menempati rumah yang berlokasi di perumahan Banjar Wijaya, Tangerang ini. Sebuah rumah dua lantai, dengan 3 buah kamar di dalamnya.

Saat itu keempat anak mereka masih kecil, sehingga Erna dan Dea bisa tidur dalam kamar yang sama, sedangkan Alvino berbagi kamar dengan Erick. Setelah beberapa tahun dilewati, anak-anak pun semakin bertumbuh dewasa.

Rumah dengan luas bangunan 119m2 mulai terasa kurang mencukupi. Tholib dan istri pun mulai merencanakan untuk merenovasi rumah, dengan tujuan untuk menambah jumlah kamar supaya anak-anak punya kamar masing-masing.

“Pikiran awal tu anak saya empat, kamar hanya ada tiga dan almarhum ibu mertua tinggal disini juga waktu itu. Saya pikir, ya udalah ini tetap dua lantai. Nanti kamarnya dibikin kecil-kecil,” ucap Tholib. Rencananya Jadi Meluas Awalnya, proses renovasi banyak dilakukan di lantai dua, yaitu menambahkan kamar berukuran kecil untuk Erna, Dea, Alvino, Erick, dan sang ibu mertua.

Ukuran kamar sengaja dibuat kecil, supaya semua kamar dapat diletakkan di lantai dua. Hanya satu kamar utama yang ada di lantai satu, untuk Tholib dan Umdah. Dengan demikian lantai satu lebih difungsikan sebagai ruang tamu dan ruang makan, agar acara kumpul dengan keluarga besar menjadi lebih nyaman dan lega.

Namun, ketika renovasi dilakukan, salah seorang anak mengatakan “Ma, udah di renovasi, kok, kamarnya masih sempit juga?” Kejadian itu membuat Tholib dan Umdah berpikir. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah rencana semula yang sekedar menambah kamar, menjadi renovasi besar-besaran yang mengubah sekitar 80% dari wujud asli rumah.

Untuk menyiasati agar semua kamar di lantai dua tidak terlalu kecil, maka dibangunlah lantai tiga di rumah itu. Sebagai anak laki-laki, Alvino pun mengalah dengan saudara lainnya untuk mendapat kamar di lantai paling atas tersebut.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI