Tampilkan di aplikasi

Digital marketing

Majalah Infokomputer - Edisi 2/2017
13 Februari 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 2/2017

Pertumbuhan pengguna internet Indonesia sangat mencengangkan. Berdasarkan data APJII yang dirilis pada November 2016, pengguna internet di Indonesia melonjak dari 88 juta di tahun 2014, menjadi 123 juta berdasarkan hasil survei di 2016. / Foto : newmediadigital.com

Infokomputer
Jumlah ini mengindikasikan bahwa, hampir separuh dari penduduk Indonesia sudah memiliki akses ke internet. Itu sebabnya, internet dan digital sudah tidak bisa terelakkan lagi, dan menjadi media yang harus digunakan oleh semua perusahaan.

Lalu bagaimana sebenarnya perkembangan dan tren digital, terutama dalam kaitannya dengan pemasaran (marketing) di 2017? Selama ini, perbincangan soal digital lebih banyak berada di seputar e-commerce dan media sosial. Namun saya melihat ada banyak perkembangan menarik, dan lompatan pesat yang akan terjadi di 2017.

Hal ini disebabkan beberapa faktor. Pertama, makin tingginya penetrasi ponsel pintar di audiensi karena pilihan yang makin beragam, dan harga yang makin terjangkau. Kedua, infrastruktur internet yang makin memadai. Pemerintah terus membangun jaringan yang cepat, dan konsumen juga sudah mulai bermigrasi ke jaringan 4G. Ketiga, munculnya berbagai macam teknologi baru, dan fi tur-fi tur baru yang akan mengubah perilaku konsumen. Lalu apa saja yang akan menjadi tren di 2017? Silakan simak paparan berikut ini.

Pertanda kedigdayaan video sebenarnya sudah mulai terlihat di tahun 2016. Tapi saya melihat bahwa di tahun 2017, berbagai macam konten video akan makin mendominasi konten di internet. Karena Youtube dan berbagai penyedia layanan video makin diminati, selebritas baru yang berbasis video juga makin banyak.

Di sisi lain, kanal media sosial lainnya pun makin banyak mengembangkan fi tur video seperti Instagram dan Facebook.

Mengapa FB dan Instagram harus mengembangkan fi tur video? Karena Mark Zuckerberg sebagaimana dikutip dari pernyataannya di BBC, membuat prediksi bahwa di tahun 2018, sebanyak delapan puluh persen konten di internet akan berbasis video.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI