Tampilkan di aplikasi

Enterprise security

Majalah Infokomputer - Edisi 2/2017
13 Februari 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 2/2017

Informasi perusahaan harus dilindungi, tidak boleh beredar kepada pihak yang tidak berhak. Terlebih informasi yang sensitif harus dilindungi dan diselamatkan dari tangantangan jahat, baik dari pihak eksternal maupun internal. / Foto : knowledge.insead.edu

Infokomputer
Di edisi ini, penulis akan melanjutkan topik bahasan mengenai mengukur sendiri celah keamanan informasi perusahaan yang terkenal dengan sebutan VA (vulnerability assessment).

Untuk mendapatkan hasil VA maksimal, diperlukan pemahaman organisasi terhadap proses-proses yang kritis dan infrastruktur utama. Tujuannya, mendapat hasil laporan VA yang maksimal. Nah, berikut ini adalah tahap pekerjaan VA yang efektif.

Untuk mendukung bisnis, langkah pertama adalah melakukan identifi kasi dan memahami proses bisnis perusahaan Anda. Fokuslah kepada infrastruktur yang sensitif dan kritis yang berorientasi kepada compliance, customer privace dan competitive position. Di dalam organisasi, diperlukan kolaborasi yang efektif antara TI dengan perwakilan unit-unit bisnis, departemen keuangan, dan bagian legal.

Hal ini dapat dicapai bila ada kolaborasi yang efektif antara orang-orang TI dengan para pelaku bisnis dalam perusahaan tersebut. Dengan diskusi kolaboratif yang luas, akan dapat ditemukan aplikasi yang lebih penting dari yang diharapkan, misalkan e-mail. Mungkin bagi salah satu departemen, ini merupakan hal yang sangat penting. Tetapi bagi departemen lainnya, ini bukan merupakan hal yang penting.

Saat mencari aplikasi dan sumber data, pastikan juga menyentuh ke account peralatan mobile seperti smartphone dan tablet serta PC desktop. Secara  knowledge.insead.edu (Bagian ke-2) FEBRUARI 2017 85 kolektif, peralatan ini mengandung hal-hal yang baru, baik aplikasi maupun data sehingga perlu dipikirkan data sensitif perusahaan Anda yang termuat di dalamnya.

Bekerjalah dalam unit-unit bisnis tersebut untuk dapat mengerti siapa-siapa saja yang menggunakan peralatan mobile untuk mengakses, melakukan sharing aplikasi dan data korporat. Harus dipahami juga aliran data antara peralatan dan aplikasi data center termasuk penyimpanannya.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI