Tampilkan di aplikasi

Obesitas? Perkecil saja lambungnya

Majalah Intisari - Edisi 672
28 September 2018

Majalah Intisari - Edisi 672

Problem kegemukan maupun obesitas kalau tidak disertai niat besar untuk memperbaiki gaya hidup, pasti sulit untuk diatasi. / Foto : srgery_sasint_pixabay

Intisari
Masih banyak yang gagal menurunkan berat badan sekalipun sudah mencoba berbagai cara. Sudah diet, tetapi setelah berhenti, kurus tidak malah semakin gemuk. Ada juga yang katanya sudah olahraga, tapi hasilnya tidak signifikan. Kalaupun ada berat badan yang berkurang, hanya sedikit saja. Sulit sekali rasanya mempertahankan kebiasaan hidup untuk mendukung berat badan tetap stabil.

Kegagalan ini yang bikin banyak orang gemuk menjadi frustrasi. Sebab sekalipun sudah berjuang sede mikian rupa, hasil perjuangannya paling-paling bertahan beberapa tahun saja. Tetapi, jangan sedih dulu. Sebab masih ada harapan dari perkembangan ilmu dan teknologi medis masa kini untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah operasi bariatrik alias operasi penurunan berat badan dengan cara memanipulasi ukuran lambung.

Lambung dipotong

“Bariatrik berarti memanipulasi alias memperkecil ukuran lambung sehingga asupan makanan yang masuk ke lambung akan terbatas, sehingga berat badan pun berkurang perlahan,” tutur dr. Handy Wing, Sp.B, dari Omni Hospital Alam Sutera, Tangerang.

Rata-rata ukuran lambung manusia adalah sebesar tangan orang dewasa. Nah, seperti balon, lambung sangat elastis untuk menampung berbagai makanan, dari pagi sampai malam hari. Jadi jangan heran kalau ada orang yang sanggup menghabiskan makanan lebih dari tiga piring.

Teknik memanipulasi ukuran lambung ini pada dasarnya dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan diikat, dipotong, maupun operasi bypass. Bariatrik tipe pertama dengan mengikat lambung atau dikenal sebagai adjustable gastric banding (AGB). Prosedurnya, ujung lambung dilekatkan semacam pita elastis untuk me nyumbat lambung dalam jangka waktu tertentu.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI